Pemkab Bangka Anggarkan Rp 38 Miliar untuk Penanganan Covid-19 (VIDEO)

Pemkab Bangka menyiapkan anggaran sebesar Rp 38 miliar dari pengalihan Dana Insentif Daerah (DID) ke dana tanggap darurat penanganan wabah Virus Coron

BANGKAPOS.COM -- Pemkab Bangka menyiapkan anggaran sebesar Rp 38 miliar dari pengalihan Dana Insentif Daerah (DID) ke dana tanggap darurat penanganan wabah Virus Corona Desease (Covid) 19 di wilayah Kabupaten Bangka.

Hal ini diungkapkan Bupati Bangka Mulkan saat menggelar jumpa pers di ruang OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Kamis (19/03/2020).

"Berdasarkan Permendagri No. 440/2436/SJ tentang pencegahan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Bangka tanggal 17 Maret, Peraturan Menteri Keuangan No. 19/PNK.07/2020 tentang penyaluran dan penggunaan dana bagi hasil, dana alokasi umum, dan Dana Insentif Daerah 2020 dalam rangka penanganan Covid 19 tanggal 16 Maret, dimana hal inilah yang merupakan dasar harus dilakukan dalam pergeseran anggaran terutama Dana Insentif Daerah," kata Mulkan

Menurutnya Dana Insentif Daerah (DID) inilah yang bisa dilakukan sesuai Permendagri, surat edaran Mendagri, dan peraturan Menteri Keuangan. Dengan adanya pergeseran ini otomatis kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan semula, bahkan sudah disahkan bersama DPRD Kabupaten Bangka terpaksa dilakukan petgesetan.

"Kegiatan-kegiatan yang semula sudah direncanakan sehingga ditunda terutama kegiatan yang didanai dari DID," ujar Mulkan.

Diungkapkannya, besar DID Kabupaten Bangka Tahun 2020 sekitar Rp 38 miliar lebih yang akan dilakukan pergeseran untuk penanganan pencegahan Covid 19 ini.

"Anggaran yang akan kita lakukan nanti terutama untuk katagori pelayanan dasar publik di bidang kesehatan," tukasnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved