Virus Corona

UPDATE Babel - 1 Pasien di RSUD Depati Hamzah Negatif Covid-19, 17 Dirawat di Belitung

UPDATE Babel - 1 Pasien di RSUD Depati Hamzah Negatif Covid-19, 17 Dirawat di Belitung

Dok/RSUD Marsidi Judono
Petugas RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan Belitung menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk menangani dua pasien berstatus PDP Covid-19. 

BANGKAPOS.COM -Satu pasien isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dalam kategori pemantauan dinyatakan negatif dan akan segera dipulangkan. Sementara itusebanyak 17 orang pasien  Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, kamis (19/3/2020).

Kondisi pasien tersebut disampaikan oleh Direktur RSUD Depati Pangkalpinang, Muhamad Fauzan.

"Hasil PCR (Polymerase Chain Reaction) satu pasien baru keluar pagi ini, hasilnya negatif dan langsung dipulangkan hari ini," jelas  dr Fauzan kepada Bangkapos.com, Kamis (19/3/2020).

Selain itu, dikatakan dr Fauzan, sejak Rabu (18/3/2020) kondisi pasien dari awal masuk hingga saat itu terus membaik, keluhan berkurang dan makan banyak.

Diberitakan sebelumnya Senin, (16/3/2020), bahwa ada pasien yang dirujuk dari Rumah Sakit Siloam untuk di isolasi karena diduga terindikasi virus corona, pasien tersebut dalam kategori pemantauan.

"Karena (kategori pemantauan-red), dia tidak berangkat ke luar negeri, kondisinya juga baik-baik saja. Dia hanya panik karena bosnya baru pulang dari Italia," tutur dr Fauzan.

Dikarenakan adanya kontak langsung tersebut dengan atasan pasien yang dari luar negeri dan pasien seperti menandakan demam, batuk dan pilek sehingga pihak rumah sakit swasta sebelum pasien dirawat meminta rujukan untuk diisolasi di RSUD Depati Hamzah.

"Ini bukan suspect, bukan terinfeksi juga hanya pemantauan. Pasien masuk hari Sabtu, hari Minggu kita ambil swab tenggorokan, hidung, dahak dan darah. Hari Senin juga kita ambil kita kirimkan lagi," jelas dr Fauzan.

Swab sebelumnya juga sudah sampai di Litbang Kementerian Kesehatan dan diperiksa dan hasil akan keluar pada kisaran hari Rabu atau Kamis.

17 Orang Dirawat di Tanjung Pandan

Halaman
123
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved