Advertorial

BUMDes Desa Kapuk Jadi Sumber Pendapatan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pemerintah Desa Kapuk, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka sejak beberapa tahun kebelakang sangat gencar dalam upaya pengembangan Badan Usaha Milik Desa

ist
Desa Kapuk 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Desa Kapuk, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka sejak beberapa tahun kebelakang sangat gencar dalam upaya pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Unit usaha dari BUMDes desa Kapuk yang bernama Karya Maju diantaranya adalah perkebunan sawit dan karet, jasa sewa tenda, BerkahMart, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM).

Adanya BUMDes diharapkan menjadi sumber ekonomi desa, meng­optimalkan usaha masyarakat desa, menciptakan peluang dan jaringan pasar, menciptakan pendapatan masyarakat desa, pengentasan pengangguran dan kemiskinan.

Unit usaha BUMDes desa Kapuk seperti BerkahMart pernah didaulat menjadi percontohan BerkahMart untuk desa-desa lainnya di tingkat Provinsi Bangka Belitung pada tahun 2019 oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kepulauan Babel dalam aspek-aspek ukuran fisik bangunan dan tata letaknya.

Menurut Kepala desa Kapuk Efendi, BUMDes sa­ngat berperan strategis dalam mengembangkan ekonomi di desa.

“Tujuan adanya BUMDes kan untuk meningkatkan ekonomi desa, mengoptimalkan usaha masyarakat desa, menciptakan peluang dan jaringan pasar, menciptakan pendapatan masyarakat desa dengan mengoptimalkan dana desa,” katanya.

Efendi mengisahkan pengembangan dan pengelolaan BUMDes dulunya menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan informasi, rendahnya produktivitas, keterbatasan permodalan dan akses pembiayaan serta rendahnya jiwa kewirausahaan.

Akan tetapi pemerintah desa bersinergi bersama masyarakat dengan melibatkan peranan pemuda (Karang Taruna) dan kaum perempuan (PKK) dalam membangun desa untuk terus bergerak dan berjuang mening­katkan pendapatan dan perekonomian masyarakat desa melalui BUMDes.

Hasilnya BUMDes Desa Kapuk merasakan manisnya menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten Bangka pada tahun 2019.

Lebih lanjut Efendi merinci unit usaha perkebunan yang dikelola BUMDes dengan total lahan kebun desa seluas 11 hektare yaitu, lahan seluas 2 hektare ditanami Karet dan 9 hektare lainnya ditanami Sawit.

Halaman
1234
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved