Virus Corona

Sejak Lockdown, Jumlah Kasus Corona di China Menurun Drastis dari Ribuan Kasus jadi Puluhan Per Hari

Sejak melakukan lockdown, jumlah kasus corona di China menurun dari ribuan menjadi hanya puluhan per harinya.

The Star
Ilustrasi petugas medis membentangkan bendera China - Untuk Pertama Kalinya, Tidak Ada Kasus Virus Corona Baru yang Dilaporkan di Wuhan 

BANGKAPOS.COM, WUHAN - Pejabat kesehatan China mengumumkan, untuk pertama kalinya sejak wabah Covid-19 ditemukan pada akhir tahun lalu, tidak ada kasus lokal baru di negara tersebut.

Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan 34 kasus baru pada Kamis (19/3/2020). Namun seluruh kasus tersebut berasal dari orang yang baru datang dari luar negeri.

Hingga hari Kamis kemarin, China mencatat lebih dari 81.000 kasus positif terinfeksi virus SARS-CoV-2 dengan lebih dari 3.000 kematian.

Sejak pertengahan Januari, pemerintah China mengambil tindakan penahanan penyebaran virus dengan mengisolasi Wuhan yang merupakan pusat wabah, serta 15 kota lainnya di provinsi Hubei.

Penerbangan serta kereta ditunda, akses jalanan kota juga ditutup. Setelah itu, masyarakat di kota lainnya diperintahkan untuk tinggal di rumah kecuali untuk keperluan membeli makanan dan kebutuhan medis.

Situasi Kota Wuhan China Berubah Drastis Setelah Lockdown saat Wabah Virus Corona Menyebar

Melansir Nature, Kamis (19/3/2020), sekitar 760 juta orang dikurung di rumah masing-masing, hampir setengah dari populasi China.

Sejak melakukan lockdown, jumlah kasus corona di China menurun dari ribuan menjadi hanya puluhan per harinya.

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mengucapkan apresiasi kepada China atas keberhasilan mereka merespons wabah yang unik dan belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, pertanyaan yang paling penting sekarang adalah kebijakan mana yang paling efektif untuk menghadapi wabah virus corona.

"Negara yang sedang menghadapi wabah tersebut harus mengetahuinya," ucap Gabriel Leung, seorang peneliti penyakit menular di University of Hong Kong.

Kebijakan lockdown

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved