Berita Pangkalpinang

Ini Penjelasan MUI Babel Berkenaan Boleh Tidaknya Salat Berjamaah di Masjid Ditengah Wabah Corona

Kegiatan salat berjamaah di masjid boleh tidak dilakukan, ketika di suatu wilayah itu memang sudah serius atau sudah mewabah dan kejadian luar biasa.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung Dr Zayadi Hamzah . 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung H Zayadi menjelaskan kegiatan salat berjamaah di masjid boleh tidak dilakukan, ketika di suatu wilayah itu memang sudah serius atau sudah mewabah dan kejadian luar biasa.

"Kegiatan yang bersifat jamaah itu boleh dihentikan, seperti salat Jumat,  salat fardhu itu boleh diganti salat di rumah," jelas Zayadi saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya,  boleh meninggalkan jemaah yang wajib bila situasi sudah mewabah.

Namun ia mengarakan karena di Babel ini belum ada yang positif terinfeksi virus corona, maka kegiatan salat berjamaah masih dibolehkan untuk melaksanakan di masjid.

"Kalau saya pribadi dan atas nama MUI Babel, kalau untuk salat Jumat dan salat fardhu secara berjamaah di masjid masih dapat dilakukan seperti biasa. Tentunya dengan syarat bisa jaga jarak, dan sekarang untuk social personality yang harus dijaga," sarannya.

Dikatakan Zayadi bahwa MUI melihat kasus Covid 19 Corona ini melalui persepektif agama.

Di mana MUI Pusat sudah mengeluarkan fatwa nomor 14 tahun 2020 terkait dengan bagaimana melakukan ibadah dalam kondisi mewabah.

"Fatwa itu bukan mengubah hukum, tetapi hukum bisa berubah karena ada kondisi yang membuat dia harus berubah," ungkapnya.

MenurutZayadi, seperti untuk di Bangka Belitung, melihat dari paparan gubernur bahwa masih zero positif corona, sampai saat hari ini, Selasa (24/3/2020).

Namun untuk beberapa waktu ke depan, tidak tahu kondisi seperti apa.

Halaman
12
Penulis: agusrya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved