Virus Corona

Masker Bisa Jadi Sumber Penyebaran Penyakit, Jadi Jangan Sembarangan Membuangnya!

Masker belakangan ini jadi kebutuhan seiring mewabahnya virus corona (Covid-19) di Indonesia.Banyak orang mencari dan menggunakannya dengan harapan

TribunMataram Kolase/ Twitter @Anelies_Syarief
Ilustrasi masker bekas 

BANGKAPOS.COM - Masker belakangan ini jadi kebutuhan seiring mewabahnya virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Banyak orang mencari dan menggunakannya dengan harapan dapat mencegah penularan virus tersebut.

Padahal, bagi orang yang sehat, tidak dianjurkan menggunakan masker.

 
Melansir health.harvard.edu, per 26 Februari 2020, masker tidak direkomendasikan untuk masyarakat umum di Amerika Serikat. 

Namun, jika memiliki gejala pernapasan seperti batuk atau bersin, para ahli merekomendasikan mengenakan masker untuk melindungi orang lain.

Menggunakan masker saat sakit dapat membantu dan melindungi siapa pun dari tetesan yang mengandung segala jenis virus, termasuk flu, sehingga akan mengurangi risiko orang lain terinfeksi.

Menurut World Health Organization (WHO), jika kita sehat kita tidak perlu menggunakan masker, kecuali jika merawat orang yang diduga terinfeksi Covid-19 atau sedang mengalami batuk atau bersin.

Tetapi sebagai antisipasi penularan virus corona, banyak orang yang enggan mengikuti anjuran tersebut. Mereka terus menggunakan masker sehari-hari.

Akibatnya, sampah masker jadi menumpuk, seperti yang telah terjadi di China pada beberapa waktu lalu.

Terlebih, banyak orang yang hanya sekadar menggunakan masker sekali pakai lalu membuangnya dengan begitu saja, padahal  apabila masker tidak buang dengan cara yang tepat, memungkinkan terjadinya penyebaran virus corona.

Halaman
12
Penulis: tidakada004
Editor: teddymalaka
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved