Berita Sungailiat

Virus Corona Merebak, Dinas Kesehatan Bangka Minta Kasus DBD Tak Diremehkan

Terhitung sejak Januari 2020 sampai bulan Maret ini, kasus DBD di Kabupaten Bangka berjumlah 42 kasus.

(Bangkapos.com/Ramandha) 
Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Surveilans dan Imunisasi, Sopianto  

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) ditengah merebaknya kasus virus corona (Covid-19) ditengah masyarakat tak bisa juga dipandang sebelah mata.

Hal ini juga terlihat pada penanganan serta imbauan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Surveilans dan Imunisasi, Sopianto mengatakan masyarakat juga jangan lupa membersihkan lingkungan sekitar.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, terhitung sejak Januari 2020 sampai bulan Maret ini, kasus DBD di Kabupaten Bangka berjumlah 42 kasus.

"Memang di puskesmas-puskesmas kita yang ada di daerah tetap gencar melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk). Kemudian abatisasi juga tetap dilakukan," jelasnya kepada Bangkapos.com, Selasa (24/3/2020).

Sopianto juga mengungkapkan, di tahun 2019 sendiri, angka kasus DBD di Kabupaten Bangka mencapai 159 kasus.

Angka tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Di tahun 2018, terdata hanya terdapat 87 kasus DBD.

Untuk itu, pihaknya terus menyosialisasikan penanggulangan perkembangbiakan jentik nyamuk kepada masyarakat, yakni gerakan 3M plus, menutup, menguras, menimbun tempat penampungan air.

Masyarakat juga diharapkan dapat memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat apabila mengalami gejala DBD.

"Kalau ke faskes kan, nantinya bisa diberikan penanganan. Itu agar bisa diberikan pemeriksaan lebih lanjut. Kalau nanti ada gejala pilek, demam, jangan takut kalau itu Corona, karena DBD juga seperti itu," terangnya.

"Bedanya, kalau Corona ada sesak napasnya. Jadi kalau mengalami demam jangan takut periksakan juga. Bisa saja itu DBD," pungkasnya.

(Bangkapos.com/Ramandha) 

Penulis: Ramandha
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved