Berita Bangka Barat

Abdul Rasyid Pastikan Rutan Muntok Steril dari Covid, MetodeInteraksi Keluarga Gunakan Video Call

Kepala Rutan (Ka Rutan) kelas IIB Muntok, Abdul Rasyid Meliala, menyambut baik aksi penyemprotan desinfektan yang dilakukan PMI Bangka Barat.

Bangkapos.com/Anthoni
Kepala Rutan (Ka Rutan) Kelas IIB Muntok, Abdul Rasyid Meliala, bersama para petugas PMI Kabupaten Bangka Barat yang melakukan penyemprotan desinfektan di Rutan Kelas II B Muntok, Rabu (25/3/2020) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Petugas PMI Kabupaten Bangka Barat, melakukan penyemprotan Disinfektan Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB muntok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (25/3/2020) siang.

Penyemprotan dimulai dari blok dan kamar warga binaan. Dilanjutkan ke sejumlah sarana prasarana musala, ruang pelayanan hingga ke dapur rutan.

Kepala Rutan (Ka Rutan) kelas IIB Muntok, Abdul Rasyid Meliala, menyambut baik aksi penyemprotan desinfektan yang dilakukan PMI Bangka Barat.

Dengan penyemprotan ini, Abdul Rasyid Meliala, berharap area rutan kelas IIB Muntok, steril dari ancaman virus covid 19.

"Tentunya kami apresiasi respon cepat pihak PMI yang menindaklanjuti surat kami kemarin. Semoga dengan penyemprotan ini lingkungan rutan steril dari ancaman virus corona," kata Abdul Rasyid Meliala, Rabu (25/3/2020)

Selain penyemprotan, Abdul Rasyid juga menerapkan pola hidup sehat kepada warga binaan. Salah satunya mewajibkan warga binaan berjemur dan berolahraga.

"Sekarang kami juga meminta mereka menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Seperti rutin mencuci tangan, olahraga dan berjemur minimal 10 sampai 15 menit setiap harinya," jelas Abdul Rasyid.

Belum Ada Warga Binaan yang Terindikasi Covid-19

Dia memastikan sampai saat ini belum ada warga binaan yang terindikasi terjangkit covid-19.

Namun kondisi tersebut tak membuat pihak rutan lengah. Sejumlah langkah pun mereka ambil. Termasuk meniadakan jam besuk bagi pihak keluarga narapidana.

Petugas PMI Kabupaten Bangka Barat, melakukan penyemprotan Disinfektan Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB muntok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (25/3/2020) siang.
Petugas PMI Kabupaten Bangka Barat, melakukan penyemprotan Disinfektan Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB muntok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (25/3/2020) siang. (Bangkapos.com/ Anthoni Ramli)

Metode video call pun menjadi metode baru interaksi narapidana dengan pihak keluarga. Dimana silih berganti narapidana menggunakan fasilitas tersebut sesuai waktu yang ditentukan.

"Kami bersyukur sampai sekarang belum ada yang terindikasi covid 19. Cuma untuk memutus rantai itu, sementara jam besuk kami tiadakan, jadi hanya menitip makanan saja. Untuk interaksi sementara mereka memakai video call yang kami siapkan," kata Abdul Rasyid.

Ketua PMI Bangka Barat dr Hendra, menyebut penyemprotan ini menyusul adanya permintaan dari pihak lapas ke Dinkes dan PMI Babar.

"Kegiatan hari ini tindaklanjut surat permintaan penyemprotan dari pihak rutan Muntok. Dan penangan covid sudah iturksi dari PMI pusat dimana kami tetap giat melakukan pencegahan covid 19 ini. Kita juga diminta untuk membentuk gugus tugas pencegahan. Hal kecil yang bisa kita bantu ini salah satunya penyemprotan disinfektan ini," kata dr Hendra. (Bangkapos.com/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved