Virus Corona di Bangka Belitung

Jadi Masjid Transit di Pangkalpinang, Karpet Masjid Permutih Digulung Cegah Penularan Covid-19

Pengurus Masjid Permutih Pangkalpinang melakukan bersih masjid sebagai antisipasi mencegah Vorus Corona atau Covid 19.

Istimewa
Pengurus masjid permutih saat melakukan bersih masjid dan melipat karpet tempat sujud, berlangsung, Selasa (24/3). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pengurus Masjid Permutih Pangkalpinang melakukan bersih masjid sebagai antisipasi mencegah Vorus Corona atau Covid 19. Kegiatan berlangsung, Selasa (24/3) melakukan bersih lantai dan melipat karpet tempat sujud.

Kegiatan dipimpin Ketua Pengurus Masjid Permutih H Supardi Nawawi, Koordinator Ibadah Iskandar serta pengurus lainnya dimulai pada pagi hari.

Pembersihan dilakukan di lantai teras masjid hingga ruang dalam masjid.

Koordonator Seksi Ibadah Iskandar menjelaskan pengurus masjid mengikuti imbauan dari pemerintah.

"Selama ini pengurus selalu mengepel lantai masjid dan membersihkan karpet dengan alat penghisap debu (vakum cleaner) sehari dua kali," ungkap Dr Iskandar.

Adanya imbauan ini, pengurus masjid melipat karpet dan menjemurnya. Dikatakan Iskandar pengurus masjid peduli kesehatan dan membantu pemerintah mencegah terjangkitnya Covid 19. 

Iskandar mengemukakan bahwa Masjid Permutih sebagai masjid transit berada di pinggir jalan yang sangat strategis menghubungkan beberapa wilayah.

"Masjid Permutih ini didatangi berbagai jamaah baik dari berbagai arah, " jelasnya.

Sehingga pengurus masjid hari ini menggulung semua karpet. Karpet ini diletakkan di lantai dua mengarah matahari dan disemprotkan disinfektan dua hari sekali.

"Untuk sementara sholat tidak menggunakan karpet dan lantai akan di pel sehari dua kali dengan disinfektan pada titik-titik krusial yang sering dipegang jamaah akan disemprotkan disinfektan sebelum azan sholat dikumandangkan," ujar Iskandar.

Bahkan Iskandar menambahkan pengurus masjid juga menyiapkan sabun cuci dan pembersih tangan di tempat wudhu masjid yang bisa digunakan jamaah.

"Pengurus masjid sepakat extra dalam mencegah Covid 19 ini berada di wilayah masjid. Bagi jamaah yang berkehendak sholat di Masjid Permutih Pangkalpinang hendaknya membawa sajadah dari rumah," ungkapnya.

Pengurus Masjid kreatif membuat racikan disinfektan. Ini dilakukan karena kebutuhan cukup besar untuk masjid. 

(bangkapos.com/Agus N)

Penulis: agusrya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved