Virus Corona di Bangka Belitung

Setelah Diperiksa, 68 Penumpang KM Bukit Raya di Belinyu Berstatus Sehat

Boy Yandra mengatakan, jumlah penumpang yang tiba di terminal Pelabuhan Penumpang Belinyu sebanyak 68 orang.

Istimewa/ Gugus Tugas Kabupaten Bangka
Penyemprotan disinfektan oleh gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bangka beberapa waktu lalu 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menindaklanjuti instruksi pusat terkait kesiapsiagaan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Pintu Masuk Negara maupun wilayah, Tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bangka melakukan pemeriksaan terhadap 65 Abk dan penumpang Kapal KM Bukit Raya yang tiba dari Kijang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Juru bicara (jubir) Tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan, jumlah penumpang yang tiba di terminal Pelabuhan Penumpang Belinyu sebanyak 68 orang.

Kapal tersebut berangkat pukul 16.20 menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Pelaksanaan kegiatan pada hari selasa kemarin, pukul 15.15 WIB sampai 16.20 WIB yang dilakukan di terminal penumpang pelabuhan Belinyu, bersama instansi terkait," jelasnya kepada Bangkapos.com, Rabu (25/3/2020).

Boy menuturkan, KKP melakukan tindakan desinfeksi kepada seluruh penumpang yang datang. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan suhu tubuh serta pemberian HAC (Health Alert Card/kartu kewaspadaan) untuk penumpang..

"Hasil pemeriksaan, secara umum penumpang yang tiba ataupun berangkat dalam keadaan sehat dan tidak ditemukan demam (suhu diatas 38,0 derajat celcius)," ungkapnya.

Ia menyampaikan, alasan dilaksanakannya pemeriksaan dikarenakan kapal berasal dari wilayah terjangkit.

Untuk itu, pihaknya memberikan edukasi kepada penumpang agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat, apabila merasakan tanda dan gejala flu.

"Kita sampaikan ke mereka, kalau batuk, demam dan sesak nafas, segera periksakan diri. Hal ini untuk mencegah Covid-19 di sini," terangnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bangka, berdasarkan instruksi melalui inovasi dari Bupati Bangka, agar masyarakat dapat mengisi form deteksi di website covid19.bangka.go.id/form_deteksi dini, demi mencegah Covid-19.

"Kepada masyarakat yang baru masuk ke Babel atau baru pulang DL (dinas luar) supaya bersama-sama dengan kesadaran sendiri dapat mengisi form deteksi. Ada di website kita. Mari kita cegah masuknya Corona di Babel," pungkasnya. (Bangkapos.com/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved