Berita Pangkalpinang

Molen Imbau Shalat Jumat dan Shalat Lima Waktu Berjamaah Mulai Besok di Rumah Saja

Dampak penyebaran virus corona atau Covid-19 secara global ini membuatnya harus mengambil langkah melindungi masyarakat Pangkalpinang

Molen Imbau Shalat Jumat dan Shalat Lima Waktu Berjamaah Mulai Besok di Rumah Saja
Bangkapos/irakurniati
Rapat Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, bersama MUI, Kemenag dan organisasi islam di ruang rapat kantor wali kota, Kamis (26/3/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mulai besok, pelaksanaan shalat Jumat dan shalat lima waktu berjamaah di masjid diimbau dilakukan di rumah masing-masing.

Salat Jumat diganti dengan salat zuhur seperti biasa. Kesepakatan ini diambil Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama Pangkalpinang dan sejumlah organisasi islam di Pangkalpinang, Kamis (26/3/2020).

Molen menyatakan, dampak penyebaran virus corona atau Covid-19 secara global ini membuatnya harus mengambil langkah melindungi masyarakat Pangkalpinang, untuk mengurangi aktivitas keramaian.

Pihaknya akan membuat surat edaran terkait salat jamaah di masjid yang diimbau untuk ditiadakan.

Dia memahami, tentunya masyarakat ada yang masih ingin melakukan salat jamaah di masjid dan tidak melarang.

Namun diimbau untuk melaksanakannya di rumah karena kesepakatan ini dibuat bukan dari dirinya semata, melainkan diskusi dan masukan para ulama.

"Kami belum menentukan sampai kapan ini diberlakukan. Cuma kita mengantisipasi dan menjaga diri dari virus corona ini. Jangan dianggap enteng. Kita lindungi internal di dalam kita, Kota Pangkalpinang ini," kata Molen.

Dia mengatakan, kesepakatan bersama ulama dan umaro ini tentu mempunyai dalil yang harus dihormati.

Tentunya, para ulama telah mempertimbangkan ini demi keselamatan banyak orang.

"Ini kan himbauan. Kalau masih ada yang ngotot, apa boleh buat. Tidak ada sanksi tegas, cuma kita berharap dapat diindahkan bersama karena yang ngomong ini kesepakatan bersama ulama dan umaro," kata Molen.

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved