Tim Peneliti Internasional Identifikasi 69 Obat yang Bisa Membantu Mengobati Pasien Corona

Sebuah tim peneliti internasional telah mengidentifikasi 69 obat dan senyawa yang bisa efektif untuk mengobati pasien yang terjangkit virus corona.

Tim Peneliti Internasional Identifikasi 69 Obat yang Bisa Membantu Mengobati Pasien Corona
Tribun Manado/Andreas Ruauw
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Sebuah tim peneliti internasional telah mengidentifikasi 69 obat dan senyawa yang bisa efektif untuk mengobati pasien yang terjangkit virus corona.

Temuan itu muncul saat para ilmuwan berlomba untuk menemukan cara-cara baru dalam memerangi pandemi yang kini sedang berlangsung.

Para peneliti mengatakan lebih dari sepertiga obat sudah disetujui oleh Badan Obat-Obatan dan Makanan Amerika (Food and Drugs Administration/FDA) dan saat ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang tidak terkait, termasuk diabetes, kanker, dan hipertensi.

Mereka mengatakan bahwa meneliti obat yang telah diketahui seperti itu mungkin merupakan metode yang lebih cepat untuk menemukan obat untuk virus corona daripada mencoba membuat obat antivirus baru dari awal.

Studi itu ditulis bersama oleh hampir 100 peneliti, telah dipublikasikan di situs web untuk studi biologi pracetak yang disebut bioRxiv.

Para peneliti mengatakan mereka telah mengirimkan hasil penelitian itu ke sebuah jurnal untuk publikasi.

Daftar obat-obatan yang berpotensi dapat digunakan itu beragam, menurut para peneliti.

Obat-obatan tersebut termasuk metformin, yang dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2, obat skizofrenia haloperidol, dan klorokuin, obat antimalaria yang telah menjadi berita utama karena potensinya untuk mengobati virus corona. [lt/pp]

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Peneliti Identifikasi 69 Obat yang Bisa Bantu Obati Pasien Corona

Editor: suhendri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved