SEJARAH 14 Tahun yang Lalu Indonesia Lakukan Transplantasi Wajah Pertama

Sebelum diambil, kulit punggung digambar terlebih dahulu dalam rangka menyesuaikan bentuk wajah yang diperbaiki.

(KOMPAS/IWAN SETIYAWAN)
Kondisi terakhir Siti Nur Jazilah, pasien operasi transplantasi wajah di RSU Dr Soetomo Surabaya, Minggu (2/4/2006). Siti sudah bisa bernapas spontan tanpa alat bantu pernapasan.(KOMPAS/IWAN SETIYAWAN) 

BANGKAPOS.COM - Hari ini 14 tahun yang lalu, tepatnya pada 28 Maret 2006, Indonesia melakukan transplantasi wajah pertamanya.

Hal itu dilakukan oleh tim dokter RSUD Dr. Soetomo Surabaya terhadap pasien Siti Nur Jazilah (22), warga daerah Dupak Bangunrejo, Surabaya.

Siti diketahui tersiram air keras saat merantau di Kalimantan.

Dikutip Harian Kompas (29/3/2006), Ketua Teknis Tim Rekonstruksi Wajah Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo, dr Sjaifuddin Noer mengatakan kulit bagian wajah yang rusak, hingga sebagian leher, akan diganti dengan kulit punggung pasien.

Sebelum diambil, kulit punggung digambar terlebih dahulu dalam rangka menyesuaikan bentuk wajah yang diperbaiki.

Dr Agus Santoso Budi, salah seorang anggota tim bedah plastik, mengatakan, kulit punggung pasien yang diambil seluas 29 x 28 sentimeter.

Operasi dengan biaya sekitar Rp 200 juta ini melibatkan 42 dokter, yang terdiri dari tim bedah plastik, anastesi, bedah K/L, mikrobiologi, psikiatri, rehabilitasi medik, dan farmasi.

Operasi dilakukan empat tahap.

Tahap pertama menyayat kulit muka dan punggung bagian kanan. Lapisan paling luar kulit paha pun disayat pada tahap ini. Dokter yang menyayat punggung adalah dr David S Perdanakusuma dan dr Gwendy Aniko, sedangkan yang menyayat bagian wajah adalah dr Sjaifuddin Noer dan dr Irawan Wahyudi.

Halaman
12
Editor: ediyusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved