Berita Pangkalpinang

Bekurung' Kewajiban Masyarakat Menjaga Diri dari Pandemi Covid-19

Sejarawan Bangka Belitung Penerima Anugerah Kebudayaan, Akhmad Elvian, mengatakan, wabah Covid-19 yang menghantui negeri

Bangkapos.com/Ira Kurniati
Sejarawan Bangka Belitung Penerima Anugerah Kebudayaan, Akhmad Elvian 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Sejarawan Bangka Belitung Penerima Anugerah Kebudayaan, Akhmad Elvian, mengatakan, wabah Covid-19 yang menghantui negeri ini menjadi kekhawatiran masyarakat.

Terlepas dari itu, Covid-19 menurutnya adalah musuh bersama.

Masyarakat kewajiban untuk menjaga diri dan melindungi negeri ini. Caranya dengan melakukan 'bekurung' atau 'bekukung' di rumah.

Elvian menyebutkan, bekurung artinya dikurung oleh adat untuk sementara waktu.

Masyarakat diminta selalu berada di rumah guna memutus mata rantai virus dan Bekukung maksudnya dikukung oleh sara', yakni selalu melindungi diri dan negeri dengan selalu taat pada aturan-aturan agama, pemerintah serta pada ajaran kebaikan dan keberhargaan dari leluhur.

"Dengan taat tersebut lah yang akan membawa keselamatan bagi diri dan negeri," kata Elvian, saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Minggu (29/3/2020).

Dia berharap wabah ini dapat segera berakhir dan masyarakat selalu patuh dengan aturan yang diminta selama mencegah dan menangani virus corona.

Dengan berada di rumah, menurut Elvian, sudah membantu mencegah terinfeksinya Covid-19 yakni memutus mata rantai penyebaran virus.
(Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved