Virus Corona

Ini 11 Vaksin Covid-19 yang Sudah dan Akan Segera Diuji Coba

Setelah ditetapkan sebagai pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020 lalu, hingga kini Covid-19 belum juga memiliki vaksin

ERIN BOLLING / US ARMY / AFP
Foto Angkatan Darat AS pada 8 Maret 2020 menunjukkan seorang karyawan USAMRIID (Institut Penelitian Medis Angkatan Darat Amerika Serikat) sedang melakukan penelitian terhadap virus coronavirus baru, COVID-19 

Ini 11 Vaksin Covid-19 yang Sudah dan Akan Segera Diuji Coba

BANGKAPOS.COM - Setelah ditetapkan sebagai pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020 lalu, hingga kini Covid-19 belum juga memiliki vaksin paten yang bisa digunakan.

Padahal, kasus infeksi saat ini terjadi hampir di seluruh negara di dunia dari hari ke hari.

Jika pun ada obat yang sejauh ini diklaim bisa menyembuhkan sejumlah pasien dari penyakit ini, obat tersebut belum mendapat pengakuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Meski demikian, saat ini ada sejumlah vaksin yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan dan peneliti dari berbagai universitas yang ditujukan untuk menyembuhkan penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona ini.

Para ahli mengestimasi produk dari vaksin yang nantinya dipatenkan, baru dapat didapatkan dalam waktu 12-18 bulan ke depan.

Seperti dikutip dari RAPS.org yang diperbaharui 27 Maret kemarin, saat ini, terdapat 3 produk vaksin yang telah memasuki tahap 1 uji coba, yakni sebagai berikut :

1. mRNA-1273 dari Moderna

Vaksin ini dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi yang berbasis di Massachusetts bernama Moderna.

mRNA-1273 menjadikan sindrom SARS dan MERS yang pernah terjadi sebelumnya sebagai dasar penelitian, karena memiliki kemiripan dengan Covid-19.

Halaman
1234
Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved