Breaking News:

Horizon

Gerakan 1 April 2020

DESAKAN untuk melakukan lockdown makin masif disuarakan oleh masyarakat.

Gerakan 1 April 2020
BangkaPos
Pimred Bangka Pos Group, Ibnu Taufik Juwariyanto

DESAKAN untuk melakukan lockdown makin masif disuarakan oleh masyarakat. Di beberapa daerah kepulauan yang masih negatif kasus virus korona (corona) atau Covid-19, publik meminta agar akses ke bandara ditutup kecuali untuk kepentingan logistik.

Senada, masyarakat di kampung-kampung di Jawa juga mulai menutup akses jalan ke kampung dan melarang orang asing, atau mereka yang mudik untuk masuk kampung. Jika terpaksa dilakukan, maka mereka harus mengisolasi diri selama 14 hari.

Di Tegal bahkan lebih tegas, pemerintah setempat menyatakan Tegal menerapkan kebijakan isolasi wilayah. Langkah tersebut tak lain dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Di tempat lain meski tidak membuat kebijakan yang mengikat, imbauan juga dilakukan oleh pemerintah setempat agar warga mengurangi aktivitas. Pemerintah juga menerjunkan aparat untuk memastikan pusat-pusat keramaian tak lagi dipenuhi masyarakat.

Beragamnya instruksi dari masing-masing daerah, termasuk imbauan dari pemerintah pusat yang meminta agar publik mengurangi mobilitas sebenarnya cukup efektif. Sejumlah jalan belakangan tampak sepi.

Sebuah penerbangan yang menggunakan pesawat Boeing 737-900 ER yang mampu mengangkut 200 penumpang lebih, beberapa kali hanya terisi 20-40 penumpang. Semua sepi, pasar juga sepi dan kita semua bisa melihat.

Di lain pihak, ada beberapa di antara kita yang bersikap seolah acuh tak acuh dengan situasi ini. Mereka tampak tak peduli atau tak takut kepada Covid-19. Mereka masih keluar malam untuk urusan-urusan yang tidak penting, seperti nongkrong dan sebagainya.

Apakah itu menunjukkan sikap tidak patuh terhadap imbauan pemerintah? Sebelum membuat jawaban, sebaiknya kita analisis dahulu. Semua kampanye tersebut sifatnya imbauan belaka dan tidak dilakukan secara seragam di seluruh Indonesia.

Mungkin di antara yang masih keluyuran malam untuk hal-hal yang tak penting ini lantaran mereka tahu betul, mengurung diri untuk waktu yang tak bisa ditentukan secara bersama adalah kesia-siaan belaka. Mungkin mereka berharap, mengisolasi diri ini seharusnya dilakukan secara bersama-sama dengan perintah yang tegas.

Menentukan tanggal mulai adalah hal penting sehingga kita semua tahu, kapan ini semua akan berakhir. Bukankah kita tahu, masa inkubasi virus ini adalah 2-14 hari ketika dia berada di tubuh manusia? Sementara kalau ia berada di udara bebas, umurnya jauh lebih pendek.

Halaman
12
Editor: suhendri
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved