Berita Pangkalpinang

Lembaga Pemasyarakatan di Babel Tutup Waktu Kunjungan, Keluarga Diminta Tak Datang

Ditiadakannya kunjungan keluarga terhadap warga binaan sendiri sebagai bentuk tindakan waspada atas penyebaran virus corona di lapas

Bangkapos.com/Kemas Ramandha
Lapas kelas II A Tuatunu, Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keluarga warga binaan yang ada di seluruh lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Bangka Belitung untuk bersabar dan tidak mengunjungi keluarganya yang ada di dalam lapas.

Kadivpas Kanwil Kumham Babel, Yudi Suseno mengatakan agar para keluarga warga binaan mempercayakan ke pihak lapas dalam menangani dan mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 di lingkungan lapas.

Kepercayaan ini tentunya akan memberikan dampak positif serta motivasi para petugas lapas memberikan perlindungan terhadap warga binaan tersebut.

"Insyaallah dengan kepercayaan para keluarga. Kami juga, para petugas, akan lebih semangat dan bergerak sebaik-baiknya menjalankan prosedur perlindungan," jelasnya kepada Bangkapos.com, Senin (30/3/2020).

"Untuk sekarang, kita mohon maaf kunjungan keluarga tidak kita buka. Tapi sudah ada solusi lain, yakni mereka bisa vc (video call) secara bergantian," lanjutnya.

Ditiadakannya kunjungan keluarga terhadap warga binaan sendiri, dikatakannya, sebagai bentuk kewaspadaan pihaknya terhadap segala kemungkinan penularan yang mungkin saja terjadi saat aktivitas kunjungan dilakukan.

Ia menilai, dengan lingkungan lapas yang tertutup, ditakutkan apabila ada satu saja warga terjangkit, akan membuat situasi tidak terkendali.

Mengingat, di dalam lapas terdapat ratusan bahkan ribuan warga binaan.

"Kita mengantisipasi saja. Bukan membatasi hubungan keluarga. Karena tidak bisa kita bayangkan, apabila kemungkinan terburuk terjadi, di dalam itu ada ratusan orang loh. Merekakan sudah dilokalisir di dalam (lapas). Mudah-mudahan amanlah," terang Yudi.

Sementara itu, terkait pasokan makanan warga binaan di lapas, dikatakannya, sampai sekarang masih terbilang mencukupi.

Pihaknya juga akan terus mengusahakan ketersediaan makan warga tetap cukup hingga usainya persoalan wabah.

Tidak hanya itu, Yudi menuturkan, untuk kesehatan makanan para warga binaan juga telah dijamin pihak lapas.

Hal itu berdasarkan anjuran pusat agar pemeriksaan jenis makanan yang disediakan harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

"Ya semoga saja masalah ini cepat berlalu. Kepada keluarga (warga binaan), kita minta, percayakanlah mereka kepada kami. Insyaallah, akan kami jamin kesehatan mereka," sebutnya.

(Bangkapos.com/Ramandha)
Fto. Ilustrasi Lapas Kelas IIA Tuatunu Pangkalpinang, satu diantara lapas yang ada di Babel (fto/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved