Virus Corona di Bangka Belitung

Rusunawa Siap Dijadikan Ruang Karantina Pasien Orang Dalam Pemantauan dan Pasien Dalam Pengawasan

Pemerintah Kota Pangkalpinang menyiapkan 100 unit kamar di Rusunawa Pangkalarang, yang dijadikan tempat karantina

Bangkapos.com/Ira Kurniati
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil meninjau Rusunawa Pangkalarang yang akan dijadikan ruang karantina pasien ODP dan PDP, Senin (30/3/2020) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Pemerintah Kota Pangkalpinang menyiapkan 100 unit kamar di Rusunawa Pangkalarang, yang dijadikan tempat karantina untuk orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) ringan.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), menyatakan, pemkot siap memerangi Covid-19 dan pihaknya getol berupaya melakukan pencegahan-pencegahan agar masyarakat terhindar dari pandemi ini.

Molen menyebut, unit yang digunakan untuk ruang karantina hanya perlu dibersihkan dan menambah perlengkapan, seperti tempat tidur maupun kipas angin.

"Kita sudah siap untuk tempatnya, tinggal masukkan barang-barang. Minggu ini dikerjakan, satu minggu lah kira-kira untuk pengerjaannya selesai," kata Molen usai meninjau lokasi, Senin (30/3/2020).

Dia menuturkan, ruang karantina yang diperuntukkan bagi ODP ini, yakni bagi mereka yang merasa tidak mampu dari segi finansial dan mencari kebutuhan gizi baik.

Sebaliknya, bagi orang dengan status ODP ingin menjalankan karantina di rumah masing-masing, tetap dipersilahkan namun harus melalui pemantauan tim medis pemkot.

"Bagi yang tidak mampu dan mau saja. Yang ODP tidak mau, tidak masalah bisa di rumah," kata Molen.

Molen menuturkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke penghuni dan warga setempat setelah penyelesaian ruangan ini.

Dia menjamin, ruangan akan dipasangi portal sehingga tidak mengganggu penghuni rusun yang lain. Molen mengatakan, orang yang dikarantina di lokasi ini nanti bukan mereka yang dinyatakan positif atau tertular.

Untuk itu dia sangat diharapkan masyarakat tidak panik.

Halaman
1234
Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved