Berita Pangkalpinang

Test LED Bayu Marine untuk Membantu Meningkatkan Tangkapan Ikan Nelayan Babel

Kapal dipasangi LED Bayu Marine sebanyak 14 unit. Uji coba pertama dilakukan selama 3 hari 2 malam, dari, Sabtu (21/03/20) sampai Senin (23/3/2020)

Bangkapos.com/Suhardi Wiranata
Pengujian LED Bayu Marine oleh KM Bahtera Sejahtera, kapal nelayan jaring di Pelabuhan Ketapang saat melaut di perairan selat karimata. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- PT.  Gemini Bangka Belitung menguji penggunaan lampu Light Emitting Diode (LED) Bayu Marine, guna meningkatkan hasil tangkapan Nelayan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Uji coba LED Bayu Marine ini dilakukan menggunakan kapal nelayan di Pelabuhan Ketapang, Kecamatan Pangkalbalam, Pangkalpinang.

Kapal tersebut dipasangi LED Bayu Marine sebanyak 14 unit. Uji coba pertama dilakukan selama 3 hari 2 malam, pada hari, Sabtu (21/03/20) sampai hari Senin (23/03/20).

Kemudian pengujian LED Bayu Marine juga akan berlangsung selama 1 bulan penuh.

Head Marketing, Hendra Kuswanto, mewakili Direktur PT. Gemini Bangka Belitung mengatakan, ujicoba ini sebagai perbandingan dan melihat perbandingan hasil tangkapan nelayan menggunakan lampu LED Bayu Marine dengan lampu sorot biasa.

"Kami melakukan uji coba ini untuk melihat penghasilan para nelayan selama menggunakan lampu, LED Bayu Marine," Ucap Hendra.

Hasil tangkapan ikan nelayan
Hasil tangkapan ikan nelayan (Bangkapos/Suhardi Wiranata)

"Nanti akan kami bandingkan hasil tangkapan nelayan tersebut menggunakan  lampu kami (LED Bayu Marine) dengan lampu biasa,"sambungnya.

Lebih jauh lagi, Hendra mengungkapkan, jika uji coba ini berhasil maka LED Bayu Marine ini sangat berguna untuk menambah hasil tangkapan ikan nelayan.

PT. Gemini Bangka Belitung akan membantu, teknologi tersebut bisa digunakan oleh nelayan sebagai bantuan untuk menunjang hasil penangkapan ikan.

"Kami mau bantu nelayan Babel, semoga teknologi kami ini tepat guna," ujar Hendra.

Pada saat uji coba tersebut, PT. Gemini Bangka Belitung juga mengundang, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pangkalpinang, Jon Herly, S.p, M.Si, dan awak media bangkapos.com.

"Kami mengundang dan mengajak semua pihak, baik Pemerintah maupun Media untuk menyaksikan langsung percobaan teknohlogi kami ini, Semoga berhasil dan bisa menjawab kebutuhan saudara kita (Nelayan)," ujar Hendra.

"Pun kalau belum berhasil dan tidak tepat guna, akan jadi bahan evaluasi kami selanjutnya," imbuhnya Hendra.

(Bangkapos.com/Suhardi Wiranata)

Penulis: Suhardi Wiranata
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved