Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Wali Kota Pangkalpinang Tegaskan Enam Poin Pelaksanaan Ibadah Agama Islam di Rumah Saja

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), kembali menegaskan anjuran kepada masyarakat untuk melaksanakan salat Jumat dan Fardhu di rumah saja.

Penulis: | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Rapat menyepakati pelaksanaan ibadah di masjid, digelar di ruang rapat kantor Wali Kota Pangkalpinang, Senin (30/3/2020) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), kembali menegaskan anjuran kepada masyarakat untuk melaksanakan salat Jumat dan Fardhu di rumah saja.

Umat muslim dianjurkan sementara waktu tidak melakukan salat berjamaah di masjid.

Kesepakatan ini diputuskan Molen bersama tokoh agama, ustaz maupun para kiay setelah rapat di Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Senin (30/3/2020).

Rapat ini sebelumnya sudah dilakukan bersama organisasi Islam dan tokoh agama beberapa hari lalu. Namun menurut Molen ada kesimpangsiuran informasi mengenai salat jamaah di masjid ini.

"Kami ingin lebih menyakinkan masyarakat dengan hasil pertemuan ini. Kemarin kita berikan himbauan dan sekarang kita lebih yakinkan dengan edukasi ke masyarakat," jelas Molen.

Dia menuturkan, ada enam poin hasil kesepakatan untuk tidak melakukan ibadah di masjid secara berjamaah, yakni tidak melakukan salat berjamaah di masjid namun adzan tetap dilakukan.

Lafadz adzan tidak diubah dan setiap masjid wajib menyediakan tempat cuci tangan..

Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin dan dianjurkan membaca lafadz qunut nadzilah, memperbanyak istigfar, zikir serta salat taubat secara pribadi.

Molen menambahkan, masyarakat juga harus diberikan edukasi mengenai Covid-19 yang disiarkan melalui masjid-masjid.

"Kami bukan melarang, tapi menganjurkan untuk salat di rumah saja,"  ungkap Molen.

(Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved