Virus Corona di Bangka Belitung

Besok, Gedung Karantina Diklat Bangka Belitung Difungsikan Tampung ODP dan PDP

Gedung Badan Diklat BKPSDMD Pemprov Babel sebagai tempat karantina Orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Dinas Kesehatan Mulyono (sebelah kiri) sedang berbincang dengan Wakil Gubernur Abdul Fatah dan Sekda Babel Naziarto. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Provinsi Bangka Belitung hampir rampung menyiapkan gedung Badan Diklat BKPSDMD Pemprov Babel sebagai tempat karantina Orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Kamar tersedia dan siap untuk ditempati sebanyak 36 kamar untuk ODP dan 24 kamar untuk PDP.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, Mulyono mengatakan gedung Diklat tersebut akan beroperasi pada Rabu besok. Bakal ada ketentuan orang yang dikarantina di gedung Diklat nantinya.

"Misalnya ada pendatang dari luar Babel yang telah melakukan pengisian health alert card masuk ke Bandara apakah ia masuk karantina mandiri atau karantina diawasi petugas. Apabila tidak ada gejala, semua pendatang yang datang wajib isolasi mandiri, dicapkan pada health alert cardnya,"kata Mulyono, kepada bangkapos.com, Selasa (31/3/2020).

Mulyono mengharapkan isolasi mandiri itu dilakukan sendiri oleh yang bersangkutan, apabila ketahuan melanggar maka akan menjadi isolasi diawasi oleh petugas.

Karena ODP akan dilakukan pemantauan dari tingkat RT, Kades, Kepolisian setempat serta Puskemas, diberikan nama-namanya.

"Sementara pada health alert card untuk ODP tentunya dengan karantina oleh petugas. Disitu nanti akan dilakukan tes cepat. Bila hasil negatif akan dilakukan observasi agar yang bersangkutan isolasi mandiri. Tetapi bila positif, tesnya akan lebih diteliti diambil swab untuk dikirimkan ke Jakarta dan statunya menjadi PDP dengan sakit ringan, sedang atau berat,"ungkapnya.

Mulyono juga mengharapkan untuk warga usia diatas 60 tahun agar tidak berpergian ke daerah, karena usia tersebut dianggap rentan terjangkit Covid-19.

"Selain itu kami juga akan menyediakan makan-makanan untuk kebutuhan pribadi bagi yang betul-betul melakukan karantina secara mandiri di rumah, sesuai pedoman,"katanya.

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved