Virus Corona di Bangka Belitung

Hadapi Pandemi Corona, Hasil Panen Sawah Lokal Diharapkan Bisa Menambah Stok Beras Bangka Belitung

Panen sawah nanti diharapkan bisa membantu persediaan stok beras lokal di Babel dengan kondisi penyebaran wabah Covid-19 saat ini.

Dokumen Bangka Pos
Ilustrasi 

Panen sawah nanti diharapkan bisa membantu persediaan stok beras lokal di Babel dengan kondisi penyebaran wabah Covid-19 saat ini.

BANGKAPOS.COM,BANGKA --Dampak mewabahnya virus corona saat ini belum berdampak besar terhadap target masa panen sawah yang ditargetkan pada Maret dan April nanti.

Namun panen sawah nanti diharapkan bisa membantu persediaan stok beras lokal di Babel dengan kondisi penyebaran wabah Covid-19 saat ini.

Kepala dinas Pertanian Provinsi Babel. Juaidi menjelaskan, pada Maret ini luas lahan persawahan yang panen mencapai 1.375,21 hektar.

Lahan tersebut tersebar di Belitung 86 hektar, Bangka Tengah 20 hektar, Bangka Barat 60,25 hektar, Belitung Timur 53 hektar, dan 1.399 hektar tersebar di Bangka.

"Untuk sawah yang paling luas panenya di Maret ini Bangka Selatan mencapai 608 hektar. Rata-rata sawah yang panen ini per hektarnya sekitar 3 ton gabah kering. Sedangkan di April, Belitung 58 hektar, Bangka Tengah 46 hektar,"kata Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi kepada bangkapos.com, Selasa (31/3/2020).

Kabupaten Belitng Timur mengalami peningkat menjadi 295 hektar dari 53 hektar, sedangkan Bangka Bangka selatan dari 608 hektar menjadi 1000 hektar, untuk Bangka dan Bangka Barat tidak panen.

"Tentunya kita berharap target panen dalam dua bulan ini dapat membantu stok beras khususnya lokal yang ada di Provinsi Bangka Belitung. Untuk menambah stok beras Babel sepanjang wabah corona ini. Sementara untuk harga gabah kering petani ini per kilonya Rp 4.000 hingga Rp 5.000,"katanya

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved