Berita Sungailiat

Stok Pangan Kabupaten Bangka Untuk Tiga Bulan ke Depan Masih Aman

untuk stok bahan kebutuhan pangan (sembako) bagi masyarakat di Kabupaten Bangka diperkirakan masih aman untuk memenuhi kebutuhan 3 bulan ke depan.

Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan hari ini Selasa (31/03/2020) melakukan kerja dari rumah dinasnya (Work From Home/ WFH) dengan melaksanakan rapat terbatas bersama para kepala OPD dan pejabat terkait lainnya di beranda belakang rumah dinas Bupati Bangka, Selasa (31/03/2020). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka Mulkan mengungkapkan berdasarkan hasil pengecekan dan pendataan Tim Pemkab Bangka dibawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bangka untuk stok bahan kebutuhan pangan (sembako) bagi masyarakat di Kabupaten Bangka diperkirakan masih aman untuk memenuhi kebutuhan 3 bulan ke depan.

"Tim Disperindag kita sudah turun ke lapangan untuk mendata dan diketahui bahwa stok kebutuhan sembako untuk 3 bulan ke depan masih pada tingkat aman," kata Mulkan usai rapat terbatas penanggulangan penyebaran penularan wabah Covid-19 Kabupaten Bangka di rumah dinas Bupati Bangka, Selasa (31/03/2020).

Menanggapi kelangkaan stok gula di Kabupaten Bangka, Mulkan mengakui memang soal kelangkaan gula ini karena ada masalah dalam rantai distribusinya hingga saat ini.

"Kelangkaan gula ini memang sudah terjadi sejak sebelum ada wabah Covid-19 juga stoknya terbatas, karena itulah bila pun nanti ada karantina wilayah maka sebaiknya tidak semua akses pintu masuk dan keluar Pulau Bangka yang ditutup, tetapi hendaknya masih ada pintu masuk bagi penerbangan dan kapal laut terutama yang membawa obat-obatan dan kebutuhan sembako," harap Mulkan.

Diakuinya memang salah satu cara mengatasi kelangkaan stok sembako yakni pemerintah melakukan operasi pasar.

"Nanti kita melihat apakah operasi pasar ini bisa dilakukan melalui Tim Gugus Tugas kita, karena situasi wabah Covid-19 saat ini masih mengkhawatirkan banyak pihak," kata Mulkan.

Diakuinya, dari hasil rapat terbatas tadi Pemkab Bangka bukan hanya mempersiapkan obat-obatan, APD saja, tetapi juga stok kebutuhan pangan bagi masyarakat apalagi bila nanti sudah diberlakukan lockdown oleh pemerintah pusat secara keseluruhan.

"Jangka waktu 14 hari ini yang masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas inikan perlu disediakan stok pangan untuk masyarakat. Jadi anggaran yang disediakan ini bukan hanya fokus untuk obat-obatan dan peralatan penanggulangan wabah Covid-19 saja, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat juga harus disiapkan agar tidak terjadi keresahan di tengah masyarakat," saran Mulkan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved