Berita Pangkalpinang

Begini Respon Masyarakat, Bebas Biaya Listrik Daya 450 VA dan Diskon 50 Persen Daya 900 VA

Dea (24) satu pelanggan PLN 450 VA warga Toboali, Bangka Selatan mengaku mengetahui hal tersebut tetapi masih bertanya-tanya kebenaran dan mekanismen

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas PLN melakukan pengecekan instalasi jaringan listrik di permukiman penduduk 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Warga angkat suara menyikapi Perusahan Listrik Negara (PLN) yang mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Keringanan biaya listrik ini akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020.

Dea (24) satu pelanggan PLN 450 VA warga Toboali, Bangka Selatan mengaku mengetahui hal tersebut dari media massa, tetapi masih bertanya-tanya kebenaran dan mekanismenya.

"Setuju, soalnya pendapatan ekonomi sekarang ini susah. Setidaknya dari segi kelistrikan digratisin jadi tidak terlalu berat. Apalagi kami ada delapan orang anggota keluarga di rumah jadi cukup berasa bila harus bayar listrik," sebut Dea saat dihubungi Bangkapos.com, Rabu (1/4/2020).

Sementara itu, Sandra (48) satu diantara pelanggan PLN 900 Va, Warga Air Itam Pangkalpinang mengatakan, belum begitu paham seperti apa teknis yang disebut-sebut akan didiskon kan 50 persen tersebut.

"Kami sudah nonton TV semalam ada peraturan pak presiden tentang kebijakan itu, tapi masih belum jelas seperti apa diskonnya itu nanti, apa kalau kami token PLN di konter biasa akan dapatkan diskon, atau harganya yang dikurangi belum tahu," kata Sandra.

Namun ia mengaku senang dan sedikit terbantu jika memang diskon 50 persen untuk pelanggan 900 VA itu benar diterapkan.

"Jelas terbantu, apalagi di saat-saat seperti ini mungkin banyak orang yang kehilangan sementara pekerjaan, gimana mau isi token PLN, semoga ini cepat-cepat terealisasikan disini," ucapnya

Dihubungi terpisah, Tin (23) Warga Kecamatan Payung pelanggan 900 VA mengaku belum dapat informasi dan baru mengetahuinya.

"Hal tersebut bagus, setidaknya mengurangi pengeluaran. Cuma kurang pas, kalau yang 450 VA saja yang dibebaskan. Khawatirnya banyak orang yang VA nya tinggi beralih ke 450 VA. Seharusnya, sama ratakan saja antara 450 VA dan 900 VA dengan kebijakan diskon 50 persen," tutur Tin.

Petugas PLN saat melakukan pemasangan sambungan listrik gratis kepada warga kurang mampu di Kabupaten Belitung.
Petugas PLN saat melakukan pemasangan sambungan listrik gratis kepada warga kurang mampu di Kabupaten Belitung. (Ist/PLN)
Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved