Virus Corona

Cerita Dokter di Wuhan Saat Melawan Pandemi Global Covid-19, Menangis karena Menolak Pasien

Peng Zhiyong, seorang dokter senior yang bekerja di unit perawatan intensif (ICU) di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan menceritakan pengalamannya saat menan

China Media Group
Foto seorang dokter di Wuchang yang berbaring dengan pakaian pelindung yang lengkap di kamar penuh dengan kasur kosong beredar di media sosial. 

BANGKAPOS.COM - Peng Zhiyong, seorang dokter senior yang bekerja di unit perawatan intensif (ICU) di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan menceritakan pengalamannya saat menangani wabah virus corona atau Covid-19.

Peng mengaku telah menyaksikan banyak kematian secara 'tak adil', terutama ketika berhadapan dengan wabah Sars yang mematikan pada tahun 2003 dan flu burung pada tahun 2016.

Tetapi Peng mengakui, terkadang dirinya menangis ketika melawan wabah Covid-19.

Terutama ketika rumah sakitnya harus menolak pasien yang sakit kritis karena kekurangan tempat tidur.

Atau bahkan ketika ada pasien yang meninggal dunia, meski ia tahu ada upaya terbaik dari petugas medis untuk menyelamatkan nyawan pasien tersebut.

"Saya tidak bisa tenang dalam menghadapi kematian, tetapi saya harus bekerja sama dengan emosi itu untuk melakukan pekerjaan saya," kata Peng, dilansir South China Morning Post.

Peng Zhiyong, Seorang dokter senior di China yang telah menangani wabah Sars dan flu burung, kini menceritakan pengalamannya merawat pasien Covid-19.
Peng Zhiyong, Seorang dokter senior di China yang telah menangani wabah Sars dan flu burung, kini menceritakan pengalamannya merawat pasien Covid-19. (South China Morning Post)

Saat ini, China sudah mulai pulih dari wabah corona secara perlahan.

Tetapi dokter seperti Peng masih harus berjuang untuk menyelamatkan beberapa pasiennya yang kritis.

Diketahui diawal Januari, 600 kasus di negara Cina masih tercatat parah, namun bisa turun dari puncak wabah pada pertengahan Februari.

“Pasien-pasien ini benar-benar sakit."

Halaman
123
Penulis: tidakada004
Editor: teddymalaka
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved