Virus Corona di Bangka Belitung

Dua Wisatawan dari Sulawesi Dilakukan Rapid Test, Ini Hasilnya

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang melakukan rapid test kepada dua pelancong dari Sulawesi, yang menginap di sebuah penginapan

Bangkapos.com/Ira Kurniati
Tim gugus tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang melakukan rapid test kepada dua pelancong dari Sulawesi, yang menginap di sebuah penginapan kawasan Kampung Opas, Rabu (1/3/2020) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang melakukan rapid test kepada dua pelancong dari Sulawesi, yang menginap di penginapan yang ada di kawasan Kampung Opas, Rabu (1/3/2020).

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pangkalpinang, dr Masagus Hakim, mengatakan, kedua orang yang berstatus sebagai ODP (orang dalam pemantauan) itu datang ke Pangkalpinang untuk jalan-jalan.

Mereka sebelumnya melaporkan ke Puskesmas Air Itam, kemudian untuk menindaklanjuti laporan tersebut, tim jemput bola melakukan rapid test.

"Hasil tadi mereka dinyatakan negatif. Tapi negatif ini ada dua kemungkinan, bisa jadi memang itu negatif atau negatif palsu yang imunnya itu belum keluar. Jadi harus cek lagi nanti," kata Hakim.

Dia mengatakan, dua ODP tersebut sudah dibawa ke karantina di Balai Diklat Provinsi Bangka Belitung.

Selama 14 hari mereka diobservasi di sana dan untuk memastikan keadaannya, akan dilakukan tes ulang setelah 14 hari tersebut dan diperbolehkan kembali ke tempat asalnya.

"Sementara tidak boleh pergi dulu dari karantina. Kita belum tau hasil tes satu kali lagi. Makanya kita pantau terus nanti," ujarnya.

Dia mengimbau, agar masyarakat tidak panik dengan adanya ODP di wilayah mereka. Masyarakat hanya perlu tetap berada di rumah, menjaga kesehatan dan ikuti protokol kesehatan dari pemerintah.

Sedangkan untuk ODP yang belum melapor, dia berharap dapat memberitahu ke puskesmas terdekat untuk menjadi pantauan petugas. Mereka juga harus mengisolasikan diri selama 14 hari dari jangkauan banyak orang.

Karantina di Pangkalpinang Belum Memungkinkan

Halaman
1234
Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved