Virus Corona di Bangka Belitung

Pemkab Bangka Siapkan Rp 1 Miliar Beli Sembako Bagi Keluarga Terpapar Covid-19

Rp 1 miliar untuk pembelian sembako guna membantu keluarga yang terpapar wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka.

bangkapos.com/Edwardi
Stok sembako di Gudang Bulog 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemkab Bangka melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bangka menganggarkan sekitar Rp 1 miliar untuk pembelian sembako guna membantu keluarga yang terpapar wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka.

"Untuk membantu keluarga yang terpapar wabah Covid-19 khususnya yang ODP dan PDP maka pemda menganggarkan untuk bantuan sembako lebih kurang Rp 1 miliar," kata M Dalyan Amrie, Kepala Disperindag Kabupaten Bangka, Rabu (01/04/2020) di rumah dinas Bupati Bangka.

Bantuan ini akan diberikan kepada keluarga, saat ini masih dihitung dan menyiapkan petunjuk teknis (juknis) agar anggaran ini tepat guna.

"Saat ini memang anggaran itu belum digunakan jadi masih dalam bentuk cadangan dulu. Tetapi bila Bupati akan menggunakan anggaran itu maka kami dari dinas siap melaksanakan itu sesuai juknis yang disiapkan," ujar Dalyan.

Ada beberapa pertimbangan yang menyebabkan mengapa dana itu belum diginakan, seperti Pemprov Babel juga sudah menganggarkan untuk bantuan bagi keluarga yang ada terdampak wabah Covid-19, ODP dan PDP sebesar Rp 620.000 untuk satu orang. Pemda Bangka menghindari terjadi double anggaran.

" Kedua ada dari kebijakan Presiden mengucurkan anggaran bantuan kartu sembako, dulunya disebut bantuan pangan non tunai. Kalau tahun 2020 ini karena ada wabah Covid-19 ini disebut bantuan kartu sembako, karena itu kita masih menunggu jangan sampai terjadi double anggaran sehingga harus koordinasi dulu dengan Dinas Sosial untuk meminta data-datanya," ungkap Dalyan.

Diharapkannya mudah-mudahan setelah dilakukan inventarisir data-data ini, Disperindag bisa secepatnya melakukan inventarisir orang-orang yang akan mendapatkan bantuan sembako dari Pemkab Bangka ini.

"Anggaran bantuan sembako ini berasal dari anggaran untuk penanganan wabah Covid-19 Kabupaten Bangka dari non kesehatan," tukas Dalyan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved