Berita Pangkalpinang

PLN Siap Laksanakan Kebijakan Pemerintah Bebaskan Tagihan 450 VA dan Diskon 50 Persen untuk 900 VA

Keringanan biaya listrik ini akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020.

pandhu
Petugas PLN Saat melakukan pengecekan suplai listrik 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- PLN mendukung penuh kebijakan Pemerintah untuk membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Keringanan biaya listrik ini akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020.

"Kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 450VA dan keringanan tarif listrik 50persen tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN. Kami sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo," jelas Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam press release kepada Bangkapos.com, Rabu (1/4/2020)

Menurutnya, dengan  adanya kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global Covid-19 yang mengakibatkan lesunya perekonomian.

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut dimaksudkan untuk melindungi masyakarat yang paling terdampak pandemi.

"Saat ini masyarakat diimbau untuk tetap di rumah. Berkegiatan di rumah. Tujuannya untuk mencegah penularan yang makin luas. Pembebasan dan diskon tarif listrik ini diharapkan dapat mendukung hal tersebut. Jadi masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama musim yang sulit ini," jelas Zulkifli

Pelanggan PLN 450 VA Mariyah (80)  bersyukur sekali jika pelanggan 450 VA benar dibebaskan.

"Alhamdulillah kalu seperti itu emang kebijkannya, kami pemasangan PLN ini sqja kemarin bantuan dari pemerintah," ujar Mariyah kepada Bangkapos.com, Rabu (01/04/2020)

Dia mengatakan, menggunakan daya 450 VA setiap bulannya, ia biasa mengisi token sebesar Rp 50 ribu, sebab pemakaian dirumahnya tidak terlalu banyak.

"Saya tinggal sendiri, pemakaian sedikit, jadi ya Rp 50 ribu itu aja habisnya lama," tuturnya

Hal senada juga disampaikan Asmiah, pelanggan PLN 900 VA mengaku, senang dengan kebijakan baru pemerintah.

"Yang pasti sedikit membantu meringankan masyarakat, walapun hanya 50 persen tapi lumayan, tapi yang jadi masalahbkita masih belum tahu seperti apa teknisnya," ungkap Asmiah

(Bangkapos.com/Rilis/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved