Berita Pangkalpinang

Sejak Ada Virus Corona, Bus Pangkalpinang-Toboali Sepi Penumpang

Sepinya penumpang ini kata Jamiat terjadi bukan saat ini saja, tapi sejak awal wabah virus corona atau covid-19 jumlah penumpang pun sangat minim

(Bangkapos/Ramandha)
Suasana di Terminal Girimaya, Pangkalpinang, Rabu (1/4/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah mengeluarkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berdampak menurunnya penumpang bus Pangkalpinang-Toboali.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini tentunya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19.

Pantauan bangkapos.com, Rabu (1/3/2020) di Terminal Girimaya, Pangkalpinang penumpang bus sepi. Bahkan bus yang ada hanya ada 4 bus saja.

Sopir bus, Jamiat mengatakan setidaknya dengan diterapkannya PSBB, para penumpang terlihat tidak seramai biasanya.

Dari  pukul 10.00 WIB pagi tadi hanya terlihat beberapa penumpang yang akan menuju ke Bangka Selatan.

Sepinya penumpang ini kata Jamiat terjadi bukan saat ini saja, tapi sejak awal wabah virus corona atau covid-19 jumlah penumpang pun sangat minim.

"Memang sedikit penumpangnya dari pagi. Ini mungkin dampak Corona (Covid-19). Sebenarnya bukan hanya baru hari ini. Apalagi ditambah lagi ada yang positif kemarin," jelasnya.

Sejak pagi lanjut, Jamiat, penumpang bus hanya ada 4 orang saja. Kondisi ini tentunya sangat mempengaruhi perekonomiannya sebagai sopir bus.

"Kalau saya ada anak istri yang menunggu di rumah, saya nafkahi. Mana kalau anak-anak kita tahu sendiri, mereka pasti ingin jajan. Saya mah pasrah sekarang," ungkap Jamiat.

Sementara itu, petugas karcis Terminal Girimaya, Pangkalpinang, Sudini menyampaikan, sejak 15 Februari lalu jumlah bus tujuan Pangkalpinang-Toboali perlahan-lahan berkurang.

Sudini mengungkapkan, sebelum adanya bencana Covid-19 sendiri, jumlah bus tujuan Toboali bisa mencapai 15 unit bus yang beroperasi. Sedangkan saat ini, bus tujuan Toboali yang beroperasi hanya 4 sampai 5 bus perhari.

"Karena penumpang sedikit. Artinya, ditambah-tambah lagi adanya Virus Corona. Kita tidak bisa apa-apa, memang sudah ada imbauan pemeritah juga kan. Demi kebaikan semuanya. Sekarang tidak sampai 10 unit lagi bus beroperasi," pungkasnya.

(Bangkapos.com/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved