Berita Pangkalpinang

Upgrade Akreditasi, BKP Pangkalpinang Berhasil Pertahankan Status Akreditasi Laboratorium Penguji

Laboratorium BKP Kelas II Pangkalpinang telah menerapkan ISO/IEC 17025:2015 dan terakreditasi sejak Tahun 2015

IST/Humas BKP Kelas II Pangkalpinang
Badan Standarisasi Nasional (BKP) Kelas II Pangkalpinangp Upgrade Akreditasi BKP pertahankan status akreditasi laboratorium penguji. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Komite Akreditasi Nasional (KAN) merupakan suatu lembaga akreditasi yang bertugas dan bertanggung jawab di bidang akreditasi penilaian kesesuaian.

Sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, KAN berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab menetapkan akreditasi laboratorium di bawah Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Oleh sebab itu, pada era saat ini, suatu laboratorium tidak cukup hanya mampu menguji tanpa tersertifikasi oleh KAN, Selaku lembaga yang bertanggung jawab di bidang akreditasi Lembaga.

Kepala BKP  Kelas II Pangkalpinang drh Saifuddin Zuhri menyampaikan, Laboratorium BKP Kelas II Pangkalpinang telah menerapkan ISO/IEC 17025:2015 dan terakreditasi sejak Tahun 2015 yang kemudian telah melakukan upgrade sistem ke ISO/IEC 17025:2017, Rabu (01/04/20).

“Pada bulan November tahun 2019 dilakukan reassesmnet dalam rangka reakreditasi laboratorium oleh KAN untuk melakukan penilaian kembali terhadap persyaratan teknis dan managemen serta komitmen penerapan ISO/IEC 17025:2017 oleh laboratorium penguji,” jelas Zuhri.

Berdasarkan kompetensi tersebut, Laboratorium BKP Kelas II Pangkalpinang memuaskan.

“Setelah dilakukan reassessment dan berdasarkan rapat Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tanggal 18 Maret 2020 laboratorium BKP Kelas II Pangkalpinang dapat mempertahankan status akreditasinya sebagai laboratorium penguji dan telah diterbitkannya Sertifikat Akreditasi ISO/IEC 17025:2017  dengan NO. LP-980-IDN yang ditetapkan oleh KAN pada tanggal : 18 Maret 2020 dan berlaku hingga 15 Maret 2025,” terang Zuhri.

BKP Kelas II Pangkalpinangp Upgrade Akreditasi BKP pertahankan status akreditasi laboratorium penguji.
BKP Kelas II Pangkalpinangp Upgrade Akreditasi BKP pertahankan status akreditasi laboratorium penguji. (Ist/Humas BKP II Pangkalpinang)

Lebih jauh lagi, Zuhri mengatakan, ruang lingkup pengujian yang telah terakreditasi di Laboratorium BKP Kelas II Pangkalpinang yaitu Deteksi Antibodi Brucella abortus dengan metode Rose Bengal Test  (RBT), Angka Lempeng Total (ALT), Deteksi Antigen Bovine Viral Diarrhoea (BVD) dengan metode ELISA, Identifikasi Serangga Tribolium castaneum dan Identifikasi Serangga Dysmicoccus brevipes.

“Keberhasilan ini sebagai bukti bahwa BKP Kelas II Pangkalpinang berkomitmen penuh dalam rangka mendukung tupoksi karantina untuk mencegah masuk dan tersebarnya HPHK dan OPT/OPTK melalui jaminan hasil pengujian laboratorium terakreditasi sebagai pendukung diagnosa dan tindakan karantina,” ungkap Zuhri.

(Bangkapos.com/ Suhardi Wiranata)

Penulis: Suhardi Wiranata
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved