Virus Corona di Bangka Belitung

Mahasiswa dan Pemudik Pulang Kampung, Jumlah ODP di Kabupaten Bangka Meningkat

Data jumlah ODP di Kabupaten Bangka dalam satu minggu terakhir ini terjadi lonjakan yang cukup banyak

bangkapos.com / Edwardi
Boy Yandra, Jubir Pemkab Bangka soal penanganan wabah Covid-19 dalam jumpa pers di Posko Bersama Gugus Tugas Penanggulangan Wabah Covid-19 Kabupaten Bangka, Kamis (02/04/2020) sore. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berdasarkan sebaran data dari Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Bangka pada Rabu (01/04/2020) tercatat jumlah pasien ODP 100 orang, ODP selesai pemantauan 20 orang, pasien PDP ada 4 orang, pasien dalam proses uji lab ada 4 orang, pasien positif 0 orang, pasien negatif 2 orang, pasien sembuh 0 orang.

Data jumlah ODP di Kabupaten Bangka dalam satu minggu terakhir ini terjadi lonjakan yang cukup banyak, karena sebelumnya hanya sekitar 30 orang.

Juru Bicara (Jubir) Pemkab Bangka soal penanganan wabah Covid-19, Boy Yandra mengatakan penyebab terjadinya lonjakan data pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan) dalam satu minggu terakhir ini karena banyaknya orang yang baru datang ke Kabupaten Bangka seperti para pelajar atau mahasiswa dan pemudik yang pulang kampung.

"Betul orang datang ke Bangka memang cukup banyak. 600 orang yang baru melapor dan dikunjungi petugas surveilans puskesmas. Ada yang mengalami pilek biasa, ade yang pusing sehingga mereka ini dimasukan ke kategori ODP tetapi kalau dia tidak ada gejala maka dikategorikan OTG atau Orang Tanpa Gejala," kata Boy Yandra kepada Bangkapos.com, Kamis (02/04/2020)..

Diungkapkannya dari 600 orang yang baru datang ini saat diperiksa terjaring 100 ODP baru, namun masih ada lagi pendatang yang akan diperiksa.

"Semua petugas surveilans dan dokter sudah 5 hari ini sangat sibuk ke rumah-rumah warga diakibatkan kesadaran masyarakat yang masih kurang untuk melapor sebagai pendatang kepada petugas puskesmas," imbuh Boy Yandra.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved