Virus Corona

MUI Minta Masyarakat Tidak Menolak Pemakaman Jenazah Pasien Corona

Sekjen MUI Anwar Abbas meminta masyarakat tidak menolak penguburan jenazah pasien corona.

Tribunjababar.id/M Nandri Prilatama
Pemakaman jenazah pasien Covid-19 atau virus corona. Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sekjen MUI Minta Tidak Ada Penolakan Terhadap Penguburan Jenazah Pasien Corona, https://www.tribunnews.com/corona/2020/04/02/sekjen-mui-minta-tidak-ada-penolakan-terhadap-penguburan-jenazah-pasien-corona. Penulis: Fahdi Fahlevi Editor: Anita K Wardhani 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Fenomena penolakan oleh masyarakat terhadap penguburan jenazah pasien positif virus corona semakin sering terjadi di sejumlah daerah Indonesia.

Menyikapi aksi penolakan tersebut, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyampaikan keprihatinannya.

Ia meminta masyarakat tidak menolak penguburan jenazah pasien corona.

"Adanya penolakan dari sebagian anggota masyarakat terhadap penguburan jenazah orang yang terpapar corona di tempat mereka, tentu jelas sangat memprihatinkan dan kita sesalkan," ujar Anwar melalui keterangan tertulis kepada Tribunnews.com, Kamis (2/4/2020).

Dirinya menganggap wajar ketakutan yang terjadi di tengah masyarakat.

Namun dirinya menyebut ketakutan berlebihan yang tidak didasarkan kepada ilmu pengetahuan adalah hal yang tidak baik.

Menurutnya diperlukan penjelasan dari pemerintah dan ahli terkait penguburan jenazah corona yang tidak akan menularkan virus tersebut kepada masyarakat setempat.

Apakah Jenazah Pasien Covid-19 Bisa Menularkan Virus Corona?

"Untuk itu kepada masyarakat kita harapkan bila penguburan jenazah yang aman, seperti yang dikatakan oleh para ahli dan pemerintah tersebut sudah terpenuhi. Maka kita harus bisa menerima dan menghormati serta menyelenggarakan pemakamannya," ucap Anwar.

"Jangan lagi ada penolakan-penolakan karena hal itu jelas akan membuat kita susah semua," tambah Anwar.

Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI), Anwar Abbas saat ditemui di Kantor Pusat MUI. (Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami)
Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI), Anwar Abbas saat ditemui di Kantor Pusat MUI. (Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami) 

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan pemakaman jenazah corona sudah dilakukan sesuai prosedur. Sehingga, masyarakat tak perlu khawatir apalagi melakukan penolakan pemakaman.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved