Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

5 Cara Agar Tak Stres Berada di Rumah Selama Social Distancing karena Covid-19

Social distancing kepada masyarakat merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran pandemi covid-19

Penulis: Sela Agustika | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Bangkapos.com/dok. Chitra
Psikolog/Dosen Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Chitra Fraghini 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Penerapan Social distancing kepada masyarakat merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran pandemi covid-19

Psikolog/Dosen Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Chitra Fraghini mengatakan, hampir satu bulan sejak dikeluarkannya himbauan untuk melakaukan seluruh aktivitas dirumah saja, mulai dari belajar, bekerja hingga beribadah bukan tak ada alasan melainkan cara untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

"Tetaplah produktif walau dirumah saja, dengan kita tetap patuh himbauan pemerintah berarti kita telah berkontribusi dalam memutuskan rantai penyebaran pandemi Covid-19," ujar Chitra saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jum'at (3/4/2020).

Chitra mengungkapkan, saat semua kegiatan dilakukan dirumah saja, berbagai masalah akan muncul pada seseorang, seperti munculnya kejenuhan, bosan hingga menimbulkan stres.

Adapun beberapa solusi yang dapat dilakukan dari psikolog untuk mengatasi rasa jenuh, bosan dan stress saat berada dirumah

1. Membuat jadwal aktivitas harian
Menjadwalkan aktivitas harian ketika berada dirumah menjadi lebih teratur dan bervariasi,
seperti bersih-bersih, masak, dan lain sebagainya menjadi hal penting yang dapat dilakukan agar tidak bosan ketika berada dirumah.

2. Berolahraga
Walaupun dirumah saja bukan berarti kita tidak dapat melakukan aktivitas olahraga, disamping untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, dengan rutin berolahraga tiga kali dalan seminggu dapat meningkatkan hormon endorfin dimana memiliki peran untuk mengurangi stres dan rasa sakit.

3. Melakukan hobby
Untuk menghilang rasa jenuh ketika berada di rumah menyalurkan hobi pilihan yang tepat untuk dilakukan selama social distancing, mulai dari memasak, membaca, menonton dan lainnya akan mendapatkan energi dan emosi yang positif.

4. Bersosialisasi
Berada di rumah saja bukan berarti menutup sosialisasi dengan orang lain. Saat ini berbagai media dapat digunakan untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat dengan melakukan chatting, telepon dan video call. Dengan tetap mempertahankan komunikasi anda memperoleh dukungan, mendapatkan berbagi cerita dan sebagai hiburan.

5. Meningkatkan spiritual
Selama berada di rumah, kita dapat memperbanyak ibadah, seperti istighfar, berdoa lain sebagainya. Hal ini sekaligus melatih kesabaran kita dan yakinlah dibalik ujian ini pastinya ada hikmah dan pelajaran bagi kita semua.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved