Virus Corona di Bangka Belitung

Gubernur Babel Apresiasi Aplikasi Karya Putra Bangka Belitung untuk Awasi ODP Covid-19

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Bangka Belitung terus bertambah dan saat ini menyentuh angka 622 orang.

Bangkapos.com/Ramandha
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman ketika diwawancarai sejumlah awak media 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Bangka Belitung terus bertambah dan saat ini menyentuh angka 622 orang.

Kondisi ini pun membutuhkan perhatian dan penanganan serius dalam mengantisipasi meluasnya virus corona (covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan, tim medis dan gugus tugas penanganan Covid-19 di masing-masing wilayah sudah bekerja keras agar virus corona tak mewabah di Babel.

Berbekal semangat ini, Erzaldi mengapresiasi karya seorang pemuda asal Pangkalpinang yang membuat aplikasi bergerak di handphone (hp).

"Nantinya aplikasi ini berguna untuk membantu kondisi ODP yang sudah terdata. Tim gugus tugas penanganan Covid-19 dapat memantau ODP melalui aplikasi ini. Saya bangga sekali dan ini tentunya bagian dari upaya menangani penyebaran virus corona di Babel," jelas Erzaldi Rosman, Sabtu (4/4/2020).

Dia menuturkan, aplikasi ini sendiri dapat digunakan untuk penelusuran (tracing), pelacakan (tracking), dan pengurungan (fencing) orang dalam pemantauan (ODP) yang masuk Bangka Belitung.

Tracing ODP ini, dikatakannya, untuk mengetahui kemana saja dia bepergian, lalu tracking terhadap ODP bertemu siapa saja serta fencing ODP untuk membatasi ruang gerak.

"Teknisnya nanti digarap oleh tim teknologi gugus tugas. Ini ikhtiar kita bersama berbasis teknologi dengan dasar pemikiran rata-rata setiap orang memegang handphone dan terhubung internet," ungkap Erzaldi. 

Tim gugus tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang melakukan rapid test kepada dua pelancong dari Sulawesi, yang menginap di sebuah penginapan kawasan Kampung Opas, Rabu (1/3/2020)
Tim gugus tugas Covid-19 Kota Pangkalpinang melakukan rapid test kepada dua pelancong dari Sulawesi, yang menginap di sebuah penginapan kawasan Kampung Opas, Rabu (1/3/2020) (Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Hasil Rapid Test Satu ODP Pangkalpinang Positif Corona

Sebelumnya, Dinas Kesehatan PPKB Kota Pangkalpinang melakukan rapid test dengan mendatangi ODP-ODP yang terdata oleh petugas puskesmas. Satu diantara puluhan ODP yang dilakukan rapid test dinyatakan positif.

Halaman
1234
Penulis: Ramandha
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved