Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Sebanyak 2 Box Gelang Khusus yang Terkoneksi Satelit Segera Siap Dipasangkan ke ODR, ODP, dan PDP

Gelang tersebut nantinya akan dipasangkan pada Orang Dalam Swaisolasi (ODS) yang berstatus ODR, ODP dan PDP.

Ist/Mikron Antariksa
Contoh gelang khusus terkoneksi satelit yang akan dipasangkan di ODR, ODP, dan PDP di Bangka 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan, gelang anti air dan anti robek yang beberapa waktu lalau dalam proses pemesanan kini telah datang.

"Sudah datang, saat ini kita sedang mengatur mengkoneksikan dengan aplikasi pemantauannya, agar tahu nanti kemana para ODR (Orang Dalam Risiko), ODP (Orang Dalam Pemantauan), dan PDP (Pasien dalam Pengawasan) kita nantinya, selesai ini akan siap dipasangkan," jelas Mikron kepada Bangkapos.com, Minggu (5/4/2020)

Dia mengatakan, gelang tersebut nantinya akan dipasangkan pada Orang Dalam Swaisolasi (ODS) yang berstatus ODR, ODP dan PDP.

"Gelang itu nantinya akan dipasangkan ditangan  para ODP dan PDP yang sedang menjalankan isolasi, baik mandiri ataupun yang diisolasi ditempat yang telah kita sediakan, gelang itu nantinya akan terlihat pergerakan ODS tersebut melalui satelit," lanjut Mikron

Dia menuturkan, gelang tersebut nantinya akan memantau keberadaan ODS, apabila beraktifitas diluar rumah.

"Nanti akan ketahuan keberadan si ODS ini, apabila ketahuan beraktivitas diluar rumah petugas kami akan segera menyamperin yang bersangkutan untuk diberi peringatan," kata Mikron.

Gelang tersebut nantinya, akan terhubung dengan aplikasi yang dipantau secara langsung oleh tim gugus tugas percepatan penanganan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Radius 50 meter dari tempat tinggalnya maka dilayar petugas akan memberi kode bahwa ODS tidak disiplin, dan gelang tersebut tidak boleh dilepas kecuali tim kita yang berhak melepaskan jika memang masa isolasi telah selesai," paparnya.

Gelang khusus terkoneksi satelit yang akan dipasangkan di ODR, ODP, dan PDP
Gelang khusus terkoneksi satelit yang akan dipasangkan di ODR, ODP, dan PDP (Ist/Mikron Antariksa)

Dia menyebutkan, gelang ini lah yang menjadi cara pemerintah untuk memantau keberadaan para pasien yang sedang dalam masa karantina atau isolasi agar tidak berkeliaran kemana-mana.

"Ini juga akan digunakan oleh para mahasiswa yang pulang dari luar kota, atau dari kota yang zona merah, mereka ini nantinya akan menjadi pemantauan, dan diminta untuk mengisolasikan diri mereka duku selama 14 hari dirumah masing-masing, jika selama masa karantina merasakan gejala sakit segera lapor ke call center kami," jelas Mikron.

Halaman
123
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved