Breaking News:

WIKI Bangka

Di Rumah Aja Karena Lagi Physical Distancing Tapi Harus Bayar Pajak Kendaraan, Salmonas Solusinya

"Jadi dikarenakan kita saat ini harus menerapkan social distancing, jadi lebih bagus menggunakan Samolnas," ujar Desi, Senin (6/4)

Bangkapos.com / Muhammad Rizki
Pemberitahuan untuk menggunakan Aplikasi Salmonas di Kantor Samsat Bateng. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan penularan covid-19, Samsat Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menerapkan sistem pembayaran pajak kendaraan menggunakan sistem online.

Menurut Kepala UPT Bakuda Provinsi Bangka Belitung Wilayah Bangka Tengah, Desi Sinorita pembayaran pajak kendaraan sistem online ini menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas) yang berasal dari Korlantas Polri.

"Jadi dikarenakan kita saat ini harus menerapkan social distancing, jadi lebih bagus menggunakan Samolnas," ujar Desi, Senin (6/4) kepada Bangkapos.com

Ia menjelaskan, terlebih dahulu aplikasi tersebut harus didownload melalui play store.

Kemudian setelah dibuka pengguna bisa memasukan lima digit terakhir nomor rangka.

Nantinya akan keluar nomor kendaraan dan beberapa kolom lain yang harus diisi, dan akan masuk ke tahap pembayaran.

"Nah pembayaran ini bisa melalui beberapa ATM atau bank terdekat, setelah ditransfer uang akan masuk dan petugas server akan melakukan pengecekan, dan mencetak notice pajaknya," jelasnya.

Namun ia mengimbau agar para pengguna aplikasi memperhatikan alamat yang dimasukan ke aplikasi tersebut, dikarenakan kertas notice pajak tersebut akan dikirimkan via Kantor Pos ke alamat yang tertera di STNK tersebut. 

Oleh karena itu jika STNK tersebut bukan alamat yang bersangkutan, maka yang bersangkutan diharapkan bisa melakukan balik nama terlebih dahulu.

Biaya pengiriman akan ditanggung oleh pihaknya.

Juga pada saat pengiriman dan ternyata alamat tersebut kurang jelas dan sulit ditemukan, makan pihak Kantor Pos akan mengembalikan kembali notice pajak tersebut ke Kantor Samsat Bateng, sehingga jika merasa sudah ada yang membayar namun belum dikirimkan agar bisa mengambil langsung ke Kantor Samsat Bateng. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis:
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved