Breaking News:

Manfaat Bermain TikTok untuk Anak Ternyata Bisa Membantu Proses Perkembangan Motorik

TikTok juga bisa membantu proses perkembangan motorik anak seperti menari atau menirukan gerakan di TikTok

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Hendra
TribunStyle.com/Kolase
Tik Tok 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Fenomena TikTok belakangan ini memang sedang viral dimedia sosial, aplikasi buatan China itu makin digandrungi berbagai kalangan, baik orang dewasa maupun dikalangan anak-anak.

Meski pernah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada pertengahan 2018, kini TikTok kembali booming.

Dosen Prodi Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Primalita Putri Distina, mengatakan, sebenarnya bermain TikTok tidak terlalu bermasalah.

Sebab aplikasi ini bisa menjadi sarana ekspresi diri dan kreativitas.

"Selain itu, kalau kita lihat dari sisi positifnya, TikTok juga bisa membantu proses perkembangan motorik anak (seperti menari atau menirukan gerakan di TikTok). Terlebih lagi di masa pandemi corona ini, TikTok bisa menjadi sarana hiburan anak," jelas Primalita Putri Distina kepada Bangkapos.com, Senin (06/05/2020)

Dia mengatakan, anak-anak jaman sekarang memang anak yang lahir di era teknologi digital.

Sehingga mereka sudah akrab dengan penggunaan teknologi digital seperti gawai dan aplikasi-aplikasi media sosial di dalamnya, termasuk TikTok.

"Hanya saja, untuk anak-anak, penggunaan TikTok tetap perlu dibatasi dan diawasi. Jangan sampai anak terpapar konten negatif, seperti pornografi," ucapnya

Dia menuturkan, pembatasan penggunaan gadget juga perlu agar kedepannya anak tidak menjadi adiksi (kecanduan) gadget.

"Selain itu, orang tua juga bisa mengajarkan bagaimana cara menggunakan aplikasi TikTok agar lebih bermanfaat, misalnya, seperti membagikan informasi yang bermanfaat, atau membagikan aktivitas sosial, dan lain-lain," tuturnya

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved