Berita Pangkalpinang

Antisipasi Tertular Covid-19, Pengadilan Negeri Pangkalpinang Menggelar Sidang Telekonfrens

Mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid-19, sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang saat ini digelar dengan sidang telekonfrens.

bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Humas Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang, Hotma saat diwawancarai Bangkapos.com, Selasa (07/04/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sidang di Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang kini tampak berbeda, hal ini karena terdakwa tidak dihadirkan di dalam ruang persidangan secara langsung.

Mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid-19, sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang saat ini digelar dengan sidang telekonfrens.

Hal ini disampaikan langsung oleh Humas Pengadilan Negeri Pangkalpinang, Hotma yang mengatakan kebijakan tersebut sudah dimulai sejak Senin (06/04/2020).

"Berkerjasama dengan pihak lapas, baik itu narkotika, lapas di tuatunu, lapas untuk anak maupun perempuan. Berikut dengan pihak kejaksaan dengan pengadilan, jadi pemeriksaan untuk terdakwa masing-masing ditempatkan dimana ia ditahan," ujar Hotma saat diwawancarai Bangkapos.com, Selasa (07/04/2020).

Namun dalam sidang telekonfrens ini hanya terdakwa saja yang tak dihadirkan langsung di ruang persidangan.

"Untuk pembuktian dalam perkara-perkara tersebut untuk saksi-saksi, penuntut umum, dan penasehat hukumnya tetap hadir di persidangan. Untuk perkara tipikor tetap terdakwanya di rutan dimana dia ditahan, sedangkan pembuktinya tetap di pengadilan," tuturnya.

Lebih lanjut Hotma juga mengungkapkan, sudah mengikuti arahan dari Mahkamah Agung tentang persidangan selama pandemi virus Corona Covid-19.

"Tujuannya untuk mengurangi berkumpul dalam arti penyakit Corona Covid-19 ini, lalu petunjuk dari Mahkamah Agung juga bekerjasama dengan Kemenkumham sama-sama menyelesaikan penanganan untuk perkara pidana," lanjutnya.

Sementara itu berbekal monitor, proyektor dan koneksi internet, Hotma mengaku tal ada kendala yang berarti dalam persidangan.

"Kalau untuk sinyal memang seperti persidangan kemarin, memang agak kesulitan. Namun kendala itu bisa disikapi semuanya bisa diselesaikan, semuanya juga bisa sampai tuntas kita periksa. Sidang tidak ada yang diundur, untuk sampai saat ini semuanya berjalan dengan baik," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved