Jangan Lupa Cuci Tangan Usai Berkendara Sepeda Motor

Siapa pun wajib menjaga kebersihan diri di saat pandemi Covid-19. Termasuk saat melakukan aktivitas di dalam rumah maupun di luar

Kompas.com/Setyo Adi
Pengendara motor masuk ke jalan MH Thamrin Kamis (11/1/2017). Pembatalan pergub pembatasan sepeda motor membuat kedua ruas jalan kembali dilewati roda dua. 

BANGKAPOS.COM - Siapa pun wajib menjaga kebersihan diri di saat pandemi Covid-19.

Termasuk saat melakukan aktivitas di dalam rumah maupun di luar, setelah melakukan perjalanan atau rutinitas sehari-hari menggunakan sepeda motor.

Meskipun sudah menggunakan masker atau pun sarung tangan, bukan berarti bisa begitu saja melupakan potensi penyebaran virus mematikan tersebut.

Bahkan perilaku bersih dengan menjaga kebersihan kendaraan wajib dilakukan baik sebelum maupun sesudah menggunakannya.

Dokter umum di Solo, Sumartono Karjo mengatakan, saat berkendara menggunakan sepeda motor relatif aman dari virus Covid-19, apalagi perjalanan dilakukan di siang hari.

Akan tetapi, menurutnya menjaga kebersihan terutama pada tangan merupakan hal wajib yang tidak boleh dilupakan.

“Secara teoritis masih aman, apalagi berkendara di siang hari. Sebetulnya cuma menjaga jarak dari orang lain, sahabat sekalipun, tetap menjaga kebersihan tangan dan benda yang sering dipegang,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Mantan Direktur RSUD Ngipang, Solo, Jawa Tengah itu menyarankan agar setelah melakukan aktivitas di luar rumah agar langsung mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh benda lain.

“Sesampai di rumah selalu berpikir seolah tubuh kita ini penuh virus, jadi baju, sepatu dan lainnya ditaruh di tempat yang aman. Setelah itu mandi pakai baju yang bersih baru memulai kegiatan,” ucapnya.

Selain itu, Sumartono juga menyarankan agar menyemprotkan disinfektan ke benda-benda yang sering dipegang atau digunakan.

Halaman
12
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved