Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Psikolog Sebut Ada Sejumlah Faktor yang Sebabkan Sifat Pemalu pada Seseorang, Ini Cara Mengatasinya

Sifat pemalu pada seseorang masih dalam kondisi normal ketika ada perasaan sulit berinteraksi kepada orang baru atau lingkungan baru.

Penulis: Sela Agustika | Editor: Dedy Qurniawan
Istimewa/dok. pribadi Chitra
Psikolog/Dosen Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Chitra Fraghini 

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Sifat pemalu pada seseorang umumnya muncul dari perasaan takut dan tidak nyaman ketika berada pada situasi baru atau orang-orang asing.

Hal tersebut disampaikan Psikolog/Dosen Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Chitra Fraghini.

Dia mengatakan, sifat pemalu pada seseorang masih dalam kondisi normal ketika ada perasaan sulit berinteraksi kepada orang baru atau lingkungan baru.

"Sifat pemalu ketika berada pada situasi baru masih normal, tetapi akan menjadi masalah dan menghambat dalam melakukan sesuatu berkaitan dengan perorangan atau kelompok," ujar Chitra saat dikonfirmasi bangkapos.com, Selasa (7/4/2020).

Dia mengungkapkan, sifat pemalu ini bisa muncul dikarenakan beberapa faktor, seperti karakternya, pola asuh terdahulu, dan faktor genetik.

"Sifat pemalu ini bisa terbentuk berkaitan dengan kejadian masa lalu. Faltor genetik juga bisa jadi munculnya sifat pemalu seseorang, tetapi hal tersebut masih bisa di atasi jika orang tua dari awal memberikan stimulasi kepada anak, walau bukan menjadi pribadi yang aktif dalam komunikasi melainkan dia mampu dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Sifat pemalu yang berlebihan pada seseoramg dapat menghambat aktivitas.

"Padahal kita ini adalah makhluk sosial yang butuh dan sering bersosialisai, seperti contohnya mahasiswa diminta peran aktifnya dalam berkomunikasi dan berkonsultasi kepada dosen, mahasiswa dan masyarakat lainnya," ujarnya

Dikatakan Chitra, jika sifat pemalu tersebut dirasa menghambat individu, maka bisa dilakukan konseling dengan ahlinya terlebih dahulu.

"Untuk perawatan khusus kepada seseorang yang memiliki sifat pemalu mungkin tidak ada, tapi beberapa treatment bisa dilakukan, seperti konsultasi. Guna konsultasi ke ahli ini agar dicari apa yang menjadi pemicu pemalu, awal kenapa timbul sifat pemalunya," tuturnya

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved