Breaking News:

VIrus Corona di Bangka Belitung

Ada Pasien Menolak Diopname Terlalu Lama di RSUD Bangka Tengah karena Ketakutan Terhadap Covid-19

Namun masyarakat juga tidak bisa disalahkan sebab mungkin banyak menerima informasi yang salah atau hoax terkait covid 19.

Bangkapos.com / Muhammad Rizki
Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Kefarmasian RSUD Bangka Tengah Arif 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sejumlah pasien di RSUD Bangka Tengah mengalami ketakutan dan kecemasan yang dinilai terhadap covid-19. 

Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Kefarmasian RSUD Bangka Tengah Arif, pernah menemukan ada satu pasien yang harus diopname namun menolak untuk diopname terlalu lama dikarenakan takut akan covid 19.

"Misalnya di rumah sakit kita, saya pernah tanya ke pasien, dan pasiennya bilang jangan lama-lama lah pak disini, kami takut di sini," ujar Arif, Rabu (8/4) menirukan percakapannya dengan seorang pasien.

Sehingga menurutnya banyak pemahaman masyarakat yang salah terkait penularan covid-19.

Namun masyarakat juga tidak bisa disalahkan sebab mungkin banyak menerima informasi yang salah atau hoax terkait covid 19.

Sehingga ia mengimbau kepada masyarakat agar jangan cemas sebab sudah ada protokol kesehatan untuk penanganan covid-19 di RSUD.

Sehingga akan tetap aman dikarenakan pasien sakit diluar covid 19 tidak akan digabung dengan pasien covid 19 yang diharuskan menempati kamar isolasi.

"Alur penerimaan ODP dan PDP itu beda, ruangannya pun beda dan tidak akan digabung, jadi tidak perlu takut," tegasnya

Ia juga meminta agar masyarakat disiplin untuk menerapkan peraturan pemerintah terkait social distancing dan menerapkan pola hidup sehat, sehingga bisa mengurangi resiko penularan covid 19.

"Sebenarnya yang harus kita lawan sekarang adalah ketakutan dan kecemasan yang berlebihan terhadap covid 19. Covid 19 bisa disembuhkan prosedur dan protokoler tentang penanganan dan pencegahan covid 19 sudah jelas, percayakanlah kepada petugas kesehatan," pungkasnya. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis:
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved