Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Mulkan Beberkan Kemudahan Kewenangan yang Diberikan Pemerintah Pusat untuk Beli Alat Medis

Mulkan Beberkan Kemudahan Kewenangan yang Diberikan Pemerintah Pusat untuk Beli Alat Medis

Penulis: edwardi | Editor: Dedy Qurniawan
bangkapos.com / Edwardi
Bupati Bangka Mulkan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Mulkan menegaskan pemerintah pusat telah memerintah agar pemerintah daerah mengambil langkah cepat untuk menangani pencegahan penularan wabah Covid-19 di daerah kabupaten/kota dan provinsi, namun tetap mengikuti prosedur-prosedur atau peraturan-peraturan yang ditetapkan pemerintah pusat.

" Jadi ada juga suatu kemudahan-kemudahan atau kewenangan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, khususnya dalam pengadaan atau ketersediaan alat medis dimana ada kemudahan tidak perlu ada proses pelelangan sehingga kita bisa langsung melalui agen ataupun pihak lain yang memang bisa mengadakannya secara langsung," kata Mulkan seusai rapat koordinasi mengenai pembahasan anggaran penanggulangan wabah Covid-19 Kabupaten Bangka di rumah dinas Bupati Bangka, Rabu (08/04/2020).

Ditambahkannya, selain itu ada juga aturan yang memberikan kemudahan terutama soal anggaran, yakni ketika anggaran tahun 2020 ini tidak mampu membayar kebutuhan peralatan medis yang dibutuhkan untuk penanganan wabah Covid-19 ini.

Jika menemukan kondisi seperti itu maka bisa dilakukan pembayaran yang pada tahun anggaran 2021 kepada para penyedia peralatan-peralatan medis ini.

" Untuk pengadaan alat Rapid Test sudah ada kita pesan tetapi masih banyak yang kurang dan masih perlu diadakan lagi, begitu juga masker dan APD lainnya. Saat ini masih dalam tahap perjalanan pengiriman dan pembongkaran di ekspedisinya," tukas Mulkan.

Dijelaskannya memang proses pengadaan peralatan medis ini harus melalui pemesanan dulu.

Karena itulah hari ini Pemkab Bangka melaksanakan rapat koordinasi dulu agar pemesanan ini menjadi lebih pasti.

" Kita perlu ada keputusan bersama dulu supaya dana penanggulangan wabah Covid-19 ini bisa digunakan secara baik sesuai aturan yang berlaku," tegasnya. (Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved