Virus Corona

Sekilas Tentang Pulau Galang, Tempat Dibangunnya Rumah Sakit Pasein Terifeksi Covid-19

Rumah sakit khusus ini diresmikan 6 April 2020 dan diharapkan kedepannya berfungsi sebagai riset serta menangangi penyakit menular

Dok. Biro Komunikasi Publik Kemeterian PUPR
Bekas Kamp Pengungsi Vietnam Pulau Galang Diubah Jadi RS Darurat 

Sekilas Tentang Pulau Galang, Tempat Dibangunnya Rumah Sakit Pasein Terifeksi Covid 19

BANGKAPOS.COM -- Pemerintah Indonesia menyiapkan rumah sakit khusus warganya yang terifeksi covid 19 di Pulau galang.

Pulau galang di pilih bukan tanpa sebab, selain akses yang mudah melalui darat dan udara, telah ada bangunan bekas camp pengungsian warga Vietnam.

Rumah sakit khusus ini diresmikan 6 April 2020 dan diharapkan kedepannya berfungsi sebagai riset serta menangangi penyakit menular lainnya.

Pulau Galang adalah pulau di wilayah pemerintahan kota Batam tepatnya di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, provinsi Kepulauan Riau, yang merupakan rangkaian pulau besar ketiga yang dihubungkan oleh enam buah jembatan Barelang.

Pulau ini terkenal karena adanya tempat pengungsian Vietnam yang terjadi secara besar-besaran pada tahun 1979 - 1996 dan menjadi perhatian dari pihak PBB dan kalangan internasional.

Tempat pengungsian Galang ini sekarang menjadi objek wisata dan sejarah kota Batam, karena jaraknya yang relatif dekat dengan pulau Batam (sekitar 7 km).

Melansir dari Kompas.com, Rumah sakit khusus covid 19 akan dipergunakan untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mudik ke tanah air, atau baru saja tiba di tanah air.

Para TKI tersebut baik yang datang dari Malaysia serta yang datang dari Singapura.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono meresmikan RS tersebut pada Senin, 6 April 2020.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Noordin
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved