Berita Pangkalpinang

Warga Terdampak Covid-19, Dapat Bantuan Rp 600Ribu dari APBD dan Rp 500ribu dari Baznas

Aziz menjelaskan bantuan tersebut, berasal dari Basnaz Babel sebesar Rp 500 ribu per orang dan APBD Provinsi Bangka Rp 600 ribu per orang

Bangkapos/Riki Pratama
Kepala Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Babel, M Aziz. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Babel, M Aziz, mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan terhadap mereka yang terdampak Covid-19.

Aziz menjelaskan bantuan tersebut, berasal dari Basnaz Babel sebesar Rp 500 ribu per orang dan APBD Provinsi Bangka Rp 600 ribu per orang.

"Saya sudah merencanakan melalui Baznas sebanyak 700 orang, nanti kita bagai rata-rata 1 Kabupaten dapat 100 orang, yang terdampak Covid-19,"jelas Aziz kepada wartawan, Rabu (8/4/2020) di kantor DPRD Babel.

Selain itu, bantuan yang bersumber dari APBD totalnya 2 Milyar, akan diberikan berupa sembako ke masyarakat nantinya.

"Sekarang kita sedang mempersiapkan segala sesuatunya, yang disebut Gubernur dari APBD berupa sembako nilainya, Rp 600 ribu, kalau Baznas ini kesepakatan nanti dikasih amplop atau sembako ,tergantung jumlah orang, setiap hari tentunya berubah-ubah,"ungkapnya.

Ia menambahkan, bantuan tersebut akan diberikan dalam waktu dekat ini, kepada mereka yang terdampak.

"Insyaallah, bantuan ini menjadi kenyataan tergantung penunjukan pemberian kapan harus memulai. Untuk BLT belum ada, mungkin lembaga lain dipercayakan untuk memberikan itu,"katanya.

Dia menjelaskan mereka yang berhak mendapatkan adalah warga terdampak, terutama miskin dalam segi perekonomian dengan status ODP atau PDP.

"Kita untuk mereka yang terdampak Covid-19, terutana miskin, kalau dia orang punya mungkin tidak susah gubernur mengatakan miskin, terutama yang terdampak Covid-19 seperti ODP, PDP, mereka harus mengkarantina sehingga penghasilan mereka berkurang,"lanjutnya.

Dimana dana yang diberikan akan bergulir, melihat kondisi darurat penyebaran Covid-19 selesai dan jumlah ODP dan PDP yang bertambah setiap harinya. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved