Breaking News:

PERJALANAN Karier Abdul Aziz Sebelum Berseragam Persib Bandung, Sempat Dipanggil Timnas Futsal

Publik sepak bola Indonesia tentu tidak asing dengan sosok Abdul Aziz Lufti Akbar. Aziz merupakan gelandang dari salah satu tim besar di Indonesia,

Penulis: tidakada002 | Editor: Edi Yusmanto
(KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA)
Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz Lufti Akbar (biru), mencoba melewati hadangan bek Perseru Badak Lampung FC, Saepuloh Maulana (putih), saat kedua tim bertemu pada pekan ke-33 Liga 1 2019, di Stadion Si Jalak Harupat. 

BANDUNG, KOMPAS.com - Publik sepak bola Indonesia tentu tidak asing dengan sosok Abdul Aziz Lufti Akbar.

Aziz merupakan gelandang dari salah satu tim besar di Indonesia, Persib Bandung.

Sebelum berseragam Persib, Aziz juga pernah memperkuat sejumlah klub mapan di Indonesia, antara lain Borneo FC, Persiba Balikpapan, dan PSMS Medan.

Tidak hanya itu, Aziz juga pernah berkiprah di kompetisi futsal profesional, bahkan hampir dipanggil timnas futsal Indonesia.

Aziz bercerita, sejak kecil, sebenarnya dia lebih sering bermain sepak bola. Bahkan, pada usia sembilan tahun, Aziz sudah berlatih di Sekolah Sepak Bola (SSB).

Perkenalannya dengan dunia futsal baru terjadi ketika dia masuk ke sekolah menengah pertama (SMP). Di sekolahnya, ada ekstrakurikuler futsal dan Aziz tertarik masuk ke dalamnya.

"Sebenarnya, dari kecil memang diajarinya sepak bola dulu. Waktu kelas 4 SD masuk SSB. Terus, pas SMP baru mulai main futsal karena ada ekskul futsal. Lanjut ke SMA juga ikut turnamen antarsekolah, di situ jadi sering main futsal," kata Aziz.

Meski begitu, kegiatannya di sepak bola tak lantas berhenti. Aziz tetap menekuni bidang sepak bola hingga dirinya masuk Diklat Persib.

Meski begitu, usai lulus dari Diklat Persib, Aziz tak lantas melanjutkan kariernya di dunia sepak bola.

Saat itu, tahun 2012, dia memilih bergabung bersama Futsal Kota Bandung (FKB). Dia sempat membawa FKB menjadi runner-up pada kompetisi futsal nasional musim 2012 dan 2013.

Setelah itu, Aziz kembali menekuni bidang sepak bola dengan memperkuat Semen Padang U-21.

Hanya, pada 2015, kontraknya bersama Semen Padang U21 diputus. Pasalnya, ketika itu semua kegiatan sepak bola Indonesia dihentikan lantaran sanksi pembekuaan yang dijatuhkan FIFA kepada PSSI.

Di tengah situasi kompetisi sepak bola Indonesia yang tak menentu, karier Aziz tak berhenti begitu saja. Dia kemudian bergabung bersama tim futsal Libido. Saat itu, dia bergabung pada seri dua Liga Super Futsal (LSF) 2015.

Di Libido, Aziz bermain bersama koleganya di Persib U-21, Alfath Fathier, yang kini bermain bersama Persija Jakarta.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
PSM Makasar
19
10
8
1
33
8
21
38
2
Madura United
19
11
3
5
26
14
10
36
3
Persib
18
11
3
4
31
25
5
36
4
Persija Jakarta
19
10
5
4
23
11
8
35
5
Bali United
19
11
1
7
40
21
14
34
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved