Berita Pangkalpinang

PHK di Tengah Pandemik Covid-19, Dede Purnama: Harus Merujuk Pada Aturan Perundang-undangan

Terjadi PHK terhadap pegawai hendaklah merujuk kepada aturan perundang-undangan, yakni melakukan pembicaraan kepada serikat atau buruh terkait hak-hak

Bangkapos/Riki
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bangka Belitung, Dede Purnama Alzulami 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Banyaknya Perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) di Provinsi Babel karena dampak Covid-19, telah menjadi perhatian pihak DPRD Babel dan Pemerintah Provinsi Babel.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Babel, Dede Purnama, mengatakan pihaknya telah mendengar banyak terkait kondisi saat ini, perusahaan merumahkan karyawannya karena kondisi perekonomian dengan mewabahnya Covid-19.

"Terkait pandemi wabah corona ini. Kita telah mendengar banyak perusahaan mengambil kebijakan PHK maupun merumahkan para pegawainya. Kita paham bahwa ini bukanlah sesuatu yang diinginkan oleh semua pihak, karena seluruh dunia terdampak dengan kejadian ini,"jelas Dede kepada Bangkapos.com, Kamis (9/4/2020).

Dia mengharapkan, terjadi PHK terhadap pegawai hendaklah merujuk kepada aturan perundang-undangan, yakni melakukan pembicaraan kepada serikat atau buruh terkait hak-hak pegawai.

"Begitu pula bagi mereka yang dirumahkan dengan opsi akan dipanggil kembali setelah pandemi ini selesai,"ujarnya.

Selanjutnya kepada eksekutif maupun kami yang ada di legislatif hendaklah untuk dapat mencari solusi terbaik dalam penanganan masalah ini.

"Sejauh ini Alhamdulillah perhatian pemerintahan daerah kita eksekutif maupun DPRD telah menunjukkan kepedulian yang tinggi dalam menghadapi ujian ini dengan mengesahkan anggaran Rp 27 milyar untuk penanganan dan antisipasi penularan Covid-19,"ujarnya.

Selanjutnya, sambungnya, hendaknya difikirkan bagi masyarakat yang terdampak ekonomi dari pandemi ini, diharapkan eksekutif memiliki data yang akurat dan memberi solusi yang tepat bagi masyarakat Babel.

Selain itu, Dede mengharapkan ke kepada masyarakat marilah bahu-bahu membahu bergotong-royong untuk saling membantu dan menguatkan saling peduli dan berbagi kepada yang membutuhkan.

"Ucapan terimakasih kami kepada siapa pun, organisasi manapun, partai apapun yang telah menunjukkan kepedulian itu dalam bentuk pergerakan nyata berbagai kepada sesama,"pungkasnya. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved