Berita Pangkalpinang

Social Distancing Diterapkan, Volume Sampah di Pangkalpinang Menurun

Penurunan ini disebabkan karena social distancing yang dilakukan masyarakat berkaitan dengan pencegahan penyebaran pandemi virus corona

Bangkapos.com/Ira Kurniati
Gotong royong membersihkan sampah berserakan di TPA liar sekitaran Stadion Depati Amir Pangkalpinang, Selasa (15/10/2019 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang mencatat, penurunan volume sampah yang dikirim ke TPA Parit Enam per hari berkurang rata-rata 80 ton.

Kasi pengolahan sampah Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang, Ikhwanus Shopa, menuturkan, hampir satu bulan terakhir volume sampah yang dikirim menurun, dari biasanya 200 ton per hari menjadi rata-rata 120 ton.

Dia mengklaim penurunan ini disebabkan karena social distancing yang dilakukan masyarakat berkaitan dengan pencegahan penyebaran pandemi virus corona.

"biasanya tumpukan sampah di jalan arteri baik pagi dan sore itu banyak, sekarang sudah mulai sedikit saat petugas lakukan sweeping," kata Ikhwanus, Kamis (9/4/2020).

Dia mengatakan, proses penguraian sampah di TPA masih berjalan seperti biasa.

Proses yang digunakan berupa sanitari landfill, yakni esidu sampah yang masuk harusnya ditimbun dengan proses tersebut sehingga menjadi pembusukan dan terurai.

Begitu pun dengan pengangkutan sampah, Ikhwanus menambahkan, petugas kebersiham tetap melakukan sweeping dan pengangkutan menggunakan mobil sampah sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada pagi dan sore hari.

(bangkapos.com/irakurniati)

Caption. Bangkapos/irakurniati

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved