Berita Belitung

Jalankan Perahu Usaha di Tengah Badai Corona, Pelaku UMKM Putar Otak agar Pekerja Tak Kena Getahnya

Beragam siasat berbisnis dilakukan pengusaha Belitung dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Bangkapos/Agus N
UMKM Babel 

BANGKAPOS.COM--Beragam siasat berbisnis dilakukan pengusaha Belitung dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menelaah peluang-peluang bisnis yang bisa digarap juga diupayakan para pelaku usaha. Penjualan secara online atau daring baik lokal maupun ke luar daerah juga jadi pilihan.

"Ada juga yang akhirnya menjual makanan yang disetting untuk konsumen dengan budget yang lebih murah dari hari biasanya," kata Ketua Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Belitung Bella Kartika Aprilia, Minggu (12/4).

"Jadi mereka berikan diskon, ada juga yang jual lauk pauk dengan harga serba Rp 5.000. Semuanya berusaha tetap menjalankan perahu usahanya di tengah badai corona, demi karyawan-karyawan mereka. Salut dengan pengusaha-pengusaha ini," ungkap Bella.

Meskipun tidak semua hasil dari usaha yang dilakukan membuahkan hasil yang baik, ada juga yang tetap sepi, karena daya beli konsumen juga menurun.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan usaha menurun hingga lebih dari 90 persen. Pelaku-pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas tersebut juga terkena imbasnya.

"Hingga ada pelaku usaha yang harus menutup tempat usahanya sejak wabah corona ini mulai masuk di Indonesia," jelas Bella.

Kondisi penurunan usaha ini terjadi sekitar 16 Maret 2020 lalu. Para pengusaha juga harus putar otak agar karyawan juga tak terkena getahnya.

Kebanyakan anggota TDA Belitung bergelut di bidang kuliner, bidang jasa, bidang fashion, oleh-oleh, bidang travel, juga usaha pembuatan kubah masjid. Secara keseluruhan semuanya merasakan dampak wabah tersebut.

Hanya kemungkinan beberapa pemilik usaha dibidang sembako dan bidang kesehatan seperti apotek yang terlihat baik-baik saja saat ini. Namun cepat atau lambat tentu akan ada kendala pasokan.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved