Breaking News:

Para Peneliti Kembangkan Penemuan Baru, Test COVID-19 Cuma Pakai Suara

Masa-masa physical distancing nggak membuat sejumlah orang jadi mandek mengembangkan kreativitasnya, termasuk dalam mengembangkan satu penemuan baru

Penulis: tidakada006 | Editor: Evan Saputra
hai
Test COVID-19 Cuma Pake Suara Dikirim Lewat Telepon 

BANGKAPOS.COM - Masa-masa physical distancing nggak membuat sejumlah orang jadi mandek mengembangkan kreativitasnya, termasuk dalam mengembangkan satu penemuan baru di dunia medis yang kini dibutuhkan warga dunia, yaitu alat test COVID-19.

Yap, para peneliti dari Carnegie Mellon University sedang mengembangkan sistem analisis suara dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mendiagnosis COVID-19.

Jika penelitian ini berhasil, maka tes dapat dilakukan di rumah secara instan.

Cukup mengirim beberapa sampel suara terbatuk lewat telepon, deteksi penyakit COVID-19 diyakini bisa ditemukan lewat teknologi analisnya.

Ya, meskipun nggak seakurat tes darah dan swab, tapi ini dapat membantu sumber daya medis yang terbatas dan meminimalisir biaya, serta memangkas waktu pemeriksaan.

Benjamin Striner, salah satu dari tim peneliti yang mengerjakan proyek ini, mengatakan bahwa banyak kompetisi diagnosis COVID-19, tapi tidak ada yang semurah diagnosis melalui suara ini.

"Ada beberapa (alat tes.red) yang cukup bagus yang sangat murah dan akurat. Meski begitu nggak ada yang semurah dan semudah ketika kita cuma ngomong melalui telepon," ucap Striner dilansir HAI dari Natgeo Indonesia pada (12/04/2020).

Kenapa Lewat Suara?

COVID-19 diketahui menyerang pernafasan. Oleh sebab itu, ia memengaruhi pola pernafasan dan parameter vital lainya.

Sistem AI ini mencoba menganalisis suara seseorang dan memberikan skor kemungkinan apakah individu memiliki virus corona, berdasarkan gejala yang diamati.

Halaman
12
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved