Virus Corona di Bangka Belitung

Pengamat Nilai Kesulitan Ekonomi Saat Ini Dapat Picu Kriminalitas, Perlu Tingkatkan Keamanan

Pengamat Nilai Kesulitan Ekonomi Saat Ini Dapat Picu Kriminalitas, Perlu Tingkatkan Keamanan

Ist/Jumli
Pemerhati Kebijakan Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaluddin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Di tengah situasi masyarakat sedang dihadapkan dengan wabah Covid-19 dan upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan dalam memutus tali rantai Covid-19 saat ini, ekonomi menjadi satu dari sejumlah hal yang tak bisa terelakkan.

Wabah covid-19 saat ini dinilai sangat berpengaruh dan berdampak pada kesulitan ekonomi masyarakat terutama masyarakat menengah ke bawah.

Pemerhati Kebijakan Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaluddin mengatakan kondisi Covid-19 saat ini dapat berpotensi bedampak pada terjadinya kriminalitas tertentu.

Seperti potensi dugaan tindak pidana pencurian maupun bentuk kriminal lainnya dengan modus tertentu memanfaatkan kondisi musibah wabah Covid-19 saat ini.

"Potensi terjadinya tindak kriminal tersebut di jalan memanfaat kondisi sepi di jalan tersebut. Sehingga potensi tersebut pasti akan berdampak menimbulkan keresahan bagi masyarakat," ujar Jumli saat dikonfirmasi bangkapos.com, Minggu (12/4/2020).

Sebab itu, untuk mengantisipasi potensi tersebut, maka ia menyarakan pihak pemerintah daerah dan aparat keamanan di Bangka Belitung harus saling bekerjasama dan bersinergi untuk melakukan strategi mengantisipasi terjadinya potensi tersebut.

"Sistem keamanan lingkungan atau siskamling perlu tetap diaktifkan kembali dengan pengawasan pihak aparat keamanan dengan jumlah warga yang secara terbatas pula, secara bergiliran dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker serta alat pencegahan lainnya seperti sabun cuci tangan atau hand sanitizer serta tetap menjaga social distancing atau pshyical distancing," tutur Jumli.

Selain itu, masyarakat diharapkan selalu berhati-hati dan waspada jika keluar rumah untuk bepergian melintasi jalan-jalan tertentu yang dirasa rawan potensi kriminal apalagi dimalam hari.

"Jangan juga mengenakan atau membawa barang-barang berharga yang secara mencolok dapat menjadi perhatian sehingga dapat menimbulkan potensi kriminalitas di jalan atau ditempat-tempat tertentu," ujarnya.

Selain pencegahan wabah Covid-19, juga sangat diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi terjadinya kriminalitas terhadap barang-barang atau harta benda yang dibawanya di tengah kondisi dan situasi wabah Covid l-19 saat .

Ini penting agar bisa mencegah potensi kriminalitas tersebut

"Diharapkan masyarakat tetap mematuhi himbauan dan instruksi serta arahan pemerintah daerah maupun pihak aparat keamanan. Tetap tenang dan jangan panik," kata Jumli. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved